get app
inews
Aa Read Next : Foto Kiai Hasyim Mino Juga Tidak Terkena Kobaran Api, Pada Peristiwa Kebakaran Warung di Paiton

Hindari Hoax, SMK Hafshawaty Gandeng iNews.id Probolinggo Adakan Pelatihan Jurnalistik

Sabtu, 12 November 2022 | 16:23 WIB
header img
Para siswa dan siswi Hafshawaty saat mengikuti pelatihan jurnalistik (foto:Zainul rifan/iNewsprobolinggo.id

ROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Hafshawaty Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo menggelar pelatihan dasar Jurnalistik bersama media iNews.id Probolinggo, Sabtu (12/11/2022). Hal itu, guna mendidik siswa agar tidak mudah percaya dengan Hoax. 

Berlokasi di ruang kelas Multi Media SMK setempat, sejumlah siswa dan siswi sangat antusias mengikuti pelatihan tentang ilmu penulisan tersebut. Tak jarang dari beberapa siswa siswi yang bertanya, tentang bagaimana cara menulis sebuah berita. 

Kepala Biro iNews.id Probolinggo, Ahmad Hilmiddin mengatakan, kalau kegiatan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada para siswa dan siswi, tentang ilmu jurnalistik atau pemberitaan. Sehingga tidak gampang percaya, tentang informasi yang masih belum jelas atau tidak jelas kebenarannya.

"Sekarang ini banyak isu hoax yang beredar. Jadi dengan pelatihan ini, diharapkan mereka (siswa, red) paham mana informasi yang benar dan tidak benar," ucapnya. 

Selain itu, tujuan pelatihan agar siswa dan siswi, juga bisa menulis tentang kegiatan di sekolahnya. Di mana nantinya, dapat mengisi informasi tentang sekolahnya, pada papan informasi yang tersedia di SMK Hafshawaty

Sementara siswi SMK Hafshawaty, Rizkika Mulyaningtias mengaku senang dengan adanya pelatihan jurnalistik. Dimana penjabaran tentang ilmu jurnalistik, membuat dirinya paham dan mengerti apa itu jurnalistik. Tak hanya itu, dirinya juga mengaku senang saat diajari tentang cara menulis berita.

"Penjelasan yang rinci dan jelas, membuat saya paham. Tentunya ini bermanfaat untuk saya dan teman-teman saya," kata siswi kelas X jurusan Multimedia itu.

Senada diutarakan oleh siswi lainnya, Elfina Sinta Dewi. Siswi kelas X jurusan Keperawatan 1 itu menjelaskan, kalau pelatihan jurnalistik, dapat menambah wawasan dirinya tentang sebuah jurnalistik. Dimana sebelumnya yang tidak tahu, bisa menjadi tahu.

"Harapannya nanti sudah bisa menulis," katanya.

Sekedar informasi, pelatihan tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu (12/11/2022) sampai Minggu (13/11/2022).

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut