get app
inews
Aa Read Next : Gudang Besi Tua Mayangan Kota Probolinggo Terbakar

Foto Kiai Hasyim Mino Juga Tidak Terkena Kobaran Api, Pada Peristiwa Kebakaran Warung di Paiton

Jum'at, 07 Juli 2023 | 17:54 WIB
header img
Warga saat memasang kembali kalender Nurul Qodim di tempat semula (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Selain foto Alm. KH. Hasan Sepuh Genggong yang tidak terbakar, pasca peristiwa kebakaran di TPI Paiton.  Ada foto ulama' lainnya, yang turut tidak terbakar. Yakni foto Alm. KH. Moh. Hasyim Mino, Pendiri Pondok Pesantren Nurul Qodim, Paiton Probolinggo.

Selain foto kedua ulama' besar tersebut. Ada juga kalender dari Pondok Pesantren Nurul Qodim, yang terdapat gambar KH. Hasan Abdul Jalal, KH. Nuruddin Musyiri, dan KH. Hasan Fauzi Hasyim.

Informasi yang berhasil dihimpun, foto Kiai Hasan Sepuh, pendiri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong, itu disimpan di warung milik Misyati. Sedangkan foto Kiai Hasyim Mino dan Kalender Nurul Qodim, disimpan di warung milik Adam.

Salah satu pemilik warung di TPI Paiton Nur Halimah mengatakan, bagi dirinya pribadi tidak terbakarnya foto para ulama' tersebut, merupakan kejadian yang tidak masuk dalam akal manusia. Karena kalau melihat dari kondisi rumah saat itu, sudah dipenuhi oleh si Jago merah.

Namun karena kejadian itu ada di depan mata, maka dirinya tidak bisa mengingkari bahwa karomah para wali Allah itu benar adanya. Salah satu contohnya, tidak terbakarnya foto tersebut.

"Setau saya, foto Kiai Hasan sepuh itu ditempel di tembok diatas lemari, dan lemari sama isinya itu habis semua. Tapi fotonya itu tidak apa-apa hanya figuran ada bekas bakar dan kaca pecah," paparnya, Jum'at (7/7/2023) sore.

Halimah menceritakan, tidak ada yang tahu persis penyebab kebakaran yang terjadi pada peristiwa yang terjadi Rabu (5/7/2023) pagi itu. Namun pada saat itu, muncul api dari belakang warung, yang kemudian langsung menjalar ke bagian depan, hingga membakat seluru isi rumah.

"Di dalam juga ada kulkas juga habis terbakar, banyak orang yang membantu kemarin. Petugas damkar juga datang," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Sebuah video tentang foto salah satu ulama' di Kabupaten Probolinggo yang tidak terbakar api pasca kebakaran, viral di media sosial. Ulama' tersebut adalah Alm KH. Muhammad Hasan Bin Syamsuddin bin Qoiduddin, pendiri Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong.

Dalam video dengan durasi 52 detik itu mempertontonkan foto kiai yang dikenal dengan Kiai Hasan Sepuh Genggong, yang tidak terbakar usai kebakaran empat warung di Tempat Pelelangan Ikan (TPI), Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut