get app
inews
Aa Read Next : Resep Masakan Tradisional yang Cocok untuk Hari Raya

Inilah 4 Kudapan Khas Aceh yang Wajib Kalian Coba

Kamis, 30 Maret 2023 | 19:53 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Anda pernah ke Aceh ??? Atau pernahkah anda penasaran dengan makanan khas yang ada disana?? Simak informasi dibawah ya.

Aceh merupakan Provinsi paling barat Indonesia. Aceh memiliki berbagai macam kebudayaan dan tempat wisata yang tak dijumpai di daerah manapun. Tak hanya itu, kudapan dan minuman khas Tanah Rencong tersebut juga mampu memanjakan lidah dan perut Anda.

Ya, Aceh memiliki beragam kudapan dengan cita rasa yang tak pernah gagal menggugah selera. Kenikmatannya ini bahkan banyak ditemukan di kota-kota di luar Aceh, salah satunya mie Aceh.

Dari semua kudapan, berikut ini adalah 4 makanan khas Aceh yang selalu jadi primadona dikutip dari laman Instagram Pesona Indonesia, Rabu (29/3/2023).

Dari keempat makanan di atas, kira-kira mana yang sudah pernah kamu coba dan jadi favorit?

1. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek sangar populer di Aceh. Sesuai dengan namanya, kudapan ini merupakan olahan berbahan dasar itik yang menggunakan aromatik seperti daun kari dan pandan untuk rasa yang menonjol.

Serta, ketumbar dan jintan untuk menghilangkan bau amis. Sie Itek biasanya hadir dalam dua varian, yaitu Sie Itek Merah dan Sie Itek Putih yang berasal dari warna kuahnya.

2. Gule Eungkot Paya (Gulai Ikan Paya)

Kudapan yang kedua ini berbahan dasar ikan payau. Gule Eungkot memiliki cita rasa kuah rempah yang berpadu dengan gurihnya santan. Menariknya, warga Aceh ada yang memasaknya tanpa menggunakan santan. Sehingga bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

3. Asam Keueng

Asam Keueng adalah kuliner bercita rasa masam segar yang menggunakan ikan tongkol, tenggiri, bandeng, atau kakap sebagai bahan dasarnya.

Ada resep rahasia, oleh masyarakat Aceh untuk mendapatkan cita rasa lezat dan harum, yaitu memasaknya menggunakan periuk tanah.

4. Keumamah

Keumamah merupakan olahan menu yang berbahan dasar ikan tongkol ataupun cakalang ini dapat dibuat menjadi dua versi, yaitu kering maupun basah. Rasa rempah dan pedas menjadi signature utamanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut