get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal AFC 2024, Ini Sejumlah Tempat Nobar Timnas Indonesia di Probolinggo

Demi Memajukan Sepak Bola Indonesia, Jordi Amat Rela Lepas Pasport Spanyol

Senin, 26 Desember 2022 | 21:17 WIB
header img
Jordi Amat (tengah) saat membela Timnas Indonesia (Foto/sumber : okezone)

Saat itu, Jordi Amat satu tim dengan nama-nama beken seperti Koke, Isco Alarcon, Iker Muniain, Alvaro Morata dan Pablo Sarabia. Kemudian pada 2011, Jordi Amat merupakan bek andalan Spanyol yang lolos ke perempatfinal Piala Dunia U-20 2011.

Terakhir, Jordi Amat berstatus bek andalan Timnas Spanyol U-21 pada 2013. Melihat rekam jejak di atas, Jordi Amat sejatinya bisa mempertahankan paspor Spanyol-nya demi melanjutkan karier di Eropa.

Sebab, dengan melepas paspor Spanyol-nya dan mengambil paspor Indonesia, Jordi Amat bakal tercatat sebagai pemain non Uni Eropa atau kasarnya tercatat sebagai pemain asing saat berkarier di Benua Eropa.

Namun, kecintaannya kepada Indonesia membuat Jordi Amat rela meninggalkan paspor Spanyol dan bersedia dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia. Pengaruh sang nenek yang berasal dari Siau, Sulawesi Selatan, disebut Jordi Amat membuatnya semakin tertarik berseragam Timnas Indonesia.

"Nenek saya selalu bercerita soal Indonesia. Saya sudah berkarier di persepakbolaan profesional selama 12 tahun di Liga Spanyol, Premier League sehingga sudah banyak pengalaman. Saya ingin duduk bersama dan berbagi cara mencari formula terbaik bagi sepakbola Indonesia," kata Jordi Amat beberapa bulan lalu sebelum resmi mendapatkan paspor Indonesia.

Ia yakin bisa memberikan pengalaman saya kepada Indonesia. Ia juga siap memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia. 

Jumat, 23 Desember 2022 menjadi hari yang bersejarah bagi Jordi Amat. Ia resmi mengemas caps bersama Timnas Indonesia dan membantu skuad Garuda menang 2-1 atas Kamboja di laga perdana Grup A Piala Aff 2022.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut