get app
inews
Aa Read Next : DPRD Kota Probolinggo Pertanyakan Pengelolaan Uang BAZNAS dari Pemotongan Gaji PNS

Waspada Penyebaran Covid-19, Keluarga Jamaah Haji Tetap Jaga Prokes Saat Penjemputan

Selasa, 12 Juli 2022 | 10:45 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Plh. Dir. Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag RI, Susari mengatakan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji akan pulang ke Tanah Air mulai 15 Juli 2022.

Ada empat embarkasi yang akan mengawali fase pemulangan ini, yaitu: kloter pertama  Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG), Jakarta-Bekasi (JKS), Padang (PDG), dan Solo (SOC). 

Dia meminta agar keluarga atau kerabat jamaah haji tetap memenuhi protokol kesehatan secara ketat saat melakukan penjemputan. 

"Ini harus kita lakukan sosialisasi dan edukasi kepada mereka supaya tetap mematuhi protokol kesehatan,"kata Susari, dikutip dalam laman resmi Kemenag, Selasa (12/7/2022).

Terdapat dua titik berpotensi dalam penyebaran Covid-19. Pertama, saat penjemputan jamaah haji oleh keluarga atau kerabat. 

"Sudah menjadi tradisi bahwa yang menjemput seorang jamaah haji tidak hanya satu orang, bisa dua, tiga, empat, bahkan lebih. Andai kata satu orang dijemput oleh 2-3 mobil, satu mobil berisi 4-5 orang, bisa dilihat berapa orang yang akan berkerumun disitu,"kata dia. 

"Kedua, nanti waktu pulang, juga sudah menjadi tradisi kerabat dan saudara jamaah haji akan berdatangan dan berinteraksi,"tuturnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut