get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Tim Kemenag Kabupaten Probolinggo Gagal Lihat Hilal

Rabu, 22 Maret 2023 | 21:43 WIB
header img
Pemantauan hilal (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tim Hisab Rukyat (THR) Kementerian Agama (Kemenag), Kabupaten Probolinggo melakukan pemantauan hilal guna menentukan awal Ramadan.

Dalam pemantauan itu, Tim Rukyatul Hilal tidak dapat melihat bulan, karena terhalang awal tebal. Pemantauan dilakukan di Pantai Duta, Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Rabu (22/3/2023).

Pada kegiatan tersebut, tim tiba sekitar pukul 14.00 WIB di lokasi, dan langsung mempersiapkan sejumlah alat pemantauan. Diantaranya ; alat tradisional seperti gawang lokasi dan benang azimut, hingga alat modern seperti teleskop, yang berjumlah tiga unit.

Kepala Kantor Kemenag, Kabupaten Probolinggo Akhmad Sruji Bahtiar mengatakan, pemantauan hilal untuk menentukan awal Ramadan 1444 Hijriah, dilakukan selama 31 menit mulai pukul 17.26 WIB hingga pukul 18.07 WIB.

Hanya saja, pihaknya tidak dapat melihat hilal, dikarenakan cuaca yang tidak mendukung. Yakni, awan tebal yang menyelimuti lokasi hilal. Bahkan alat pemantau yang disediakan, gagal menembus ketebalan awan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut