get app
inews
Aa Read Next : Soal Intervensi Hingga Pengerjaan Proyek yang Terancam Molor di Bahas DPRD Kota Probolinggo

DPRD Kota Probolinggo Pertanyakan Pengelolaan Uang BAZNAS dari Pemotongan Gaji PNS

Sabtu, 04 Mei 2024 | 10:31 WIB
header img
Suasanan RDP di gedung DPRD kota Probolinggo ( Foto: iNewsProbolinggo.id/ ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Anggota Komisi 1 dan 3 DPRD kota Probolinggo menggelar Rapat Dengar Pendapat terkait pengelolaan uang yang dikelola Baznas Kota Probolinggo.

Diketahui Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Probolinggo, Jawa Timur, dipotong 2,5 persen. Hasilnya, dikelola Baznas (Badan Amil Zakat Nasional), untuk berbagai program kegiatan dan bantuan sosial. 

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Baznas, dana yang terkumpul untuk tahun 2023 sekitar Rp4 miliar. Terdiri dari, penerimaan zakat sebesar Rp3,98 miliar dan infaq Rp69 juta. Dana sebanyak itu telah diditribusikan sebesar Rp3,46 miliar. 

Selain dari zakat dan infaq, baznas juga mendapat dana yang dalam laporannya ditulis penerimaan non halal, yang jumlahnya ditahun 2023 sekitar Rp29,93 juta. Jika dijumlah dengan saldo tahun 2022 sebesar Rp3,53 miliar, maka sisa atau saldo tahun 2023 Rp4,15 miliar. 

Rencananya saldo sebanyak Rp4,15 miliar tersebut akan didistribusikan atau digelontor tahun ini (2024). Hanya saja, lembaga yang diketuai Hakimuddin ini belum melaporkan peruntukan saldo atau silpa dana tersebut. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut