get app
inews
Aa Read Next : Kapolres Probolinggo Ajak Buruh Satukan Komitmen Untuk Tarik Investor

Bromo Kembali Rayakan Yadnya Kasada, Ini Jadwal dan Aturan Lengkapnya.

Minggu, 29 Mei 2022 | 12:17 WIB
header img
Bromo Kembali Rayakan Yadnya Kasada, Ini Jadwal dan Aturan Lengkapnya.
Umat tidak boleh membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kebersihan kawasan Bromo.
  • Bagi yang mencari rejeki dalam hal ini yang mengambil sisa Labuh Umat (marit) harus menjaga etika, artinya tidak boleh meminta, memaksa umat untuk memberikan apa yang akan dilabuh, tapi menunggu labuh sampai menyentuh tanah baru bisa diambil.
  • Kegiatan pendukung untuk tidak bersaman dengan kegiatan Ritual.
  • Hari Rabu, 15 Juni 2022 mulai pukul 07.00 WIB s/d Kamis, 16 Juni 2022 pukul 15.00 WIB, mohon maaf pengunjung tidak diperkenankan masuk ke kawasan Bromo (selama kegiatan ritual) dan boleh masuk kembali ke kawasan setelah pukul 15.00 WIB.
  • “Ritual Yadnya Kasada yang tidak dihadiri oleh masyarakat umum ada enak dan tidaknya, tidak enaknya itu ya tidak ada keramaian seperti biasanya mas, namun disisi lain dengan tidak dibolehkannya orang luar untuk hadir memberikan kedamaian tersendiri bagi umat yang menjalankan ibadah waktu itu karena tidak terlalu rame” ujar Tosan salah satu warga Tengger.

    Menurut salah satu Dukun Pandita, keputusan ini sudah disepakati melalui hasil musyawarah semua dukun dengan banyak pertimbangan.

    "Keputusan ini sudah disepakati saat rapat bersama semua Dukun Pandita, selain mengurangi penyebaran Covid-19 juga agar umat yang mengikuti ritual lebih khusyuk dan khidmat" ujar salah satu Dukun yang tak mau disebut namanya .

    "Kami harap agar umat yang mau mengikuti ritual Yadnya Kasada ini mematuhi apa yang sudah tertera dalam Surat Edaran tersebut, dan juga kami mohon maaf kepada masyarakat umum karena belum membolehkan semua masyarakat ikut ritua ini, semoga tahun - tahun berikutnya perayaan Yadnya KAsada sudah bisa terbuka untuk umum" imbuhnya.

    Editor : Ahmad Hilmiddin

    Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
    iNews.id
    iNews Network
    Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut