Logo Network
Network

Bromo Kembali Rayakan Yadnya Kasada, Ini Jadwal dan Aturan Lengkapnya.

Abd. Wahid
.
Minggu, 29 Mei 2022 | 12:17 WIB
Bromo Kembali Rayakan Yadnya Kasada, Ini Jadwal dan Aturan Lengkapnya.
Bromo Kembali Rayakan Yadnya Kasada, Ini Jadwal dan Aturan Lengkapnya.

PROBOLINGGO, iNews.id - Hari Raya Yadnya Kasada atau Pujan Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi dalam manifestasinya sebagai Batara Brama. Istilah yadnya dipopulerkan setelah orang Tengger menganut agama Hindu Dharma.

Upacara Kasada dilaksanakan pada hari ke-14 bulan Kasada menurut penanggalan tradisional masyarakat Tengger. Ditahun 2022 ini tanggal pelaksanaan Upacara Kasada itu bertepatan dengan tanggal 15 dan 16 Juni 2022 yang sudah disepakati oleh para Dukun Pandita Sekawasan Tengger.

Sama dengan perayaan sebelumnya perayaan Yadnya Kasada kali ini akan digelar secara tertutup. Karena masih berada dalam situasi pandemi Covid-19, ritual adat umat Hindu Tengger ini hanya boleh diikuti oleh masyarakat Tengger saja.

Keputusan itu sudah disepakati oleh para Dukun Pandita Sekawasan Tengger yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 077/SE/PDP-TENGGER/V/2022, isi Surat Edaran tersebut antara lain :

  1. Uapacar ritua Yadnya Kasada dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis tanggal 15 dan 16 Juni 2022.
  2. Upacara ritual Yadnya Kasada dilaksanakan khusus umat Tengger dan luar tengger yang benar – benar akan mengikuti upacara Yadnya Kasada dengan Identitas (KTP, Pakaian Adat, Sarana Upacara, dll).
  3. Umat tidak diperkenankan membawa sound system dengan tujuan akan dibunyikan di Kawasan Bromo serta bunyi – bunyian lainnya yang kiranya akan mengganggu.
  4. Umat yang membawa sepeda motor harus yang standart (tidak boleh mneggunakan Knalpot Brong).
  5. Umat yang akan melaksanakan ritua dibebaskan dari Retribusi masuk kawasan Bromo.

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.