get app
inews
Aa Read Next : Kejari Serahkan Uang Korupsi Mantan Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ke Negara

Sejukkan Hati dan Pikiran di Air Terjun Jaran Goyang

Sabtu, 09 April 2022 | 16:26 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Destinasi wisata air terjun jaran goyang merupakan wisata baru di krucil kabupaten Probolinggo pada tahun 2017. Meskipun air terjun ini sudah lama keberadaannya namun baru diresmikan oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo.

Ada cerita rakyat dibalik penggunaan nama Jaran Goyang itu. Penggunaan nama air terjun Jaran Goyang yang terletak di desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo ternyata tidak asal-asalan. 

Nama Guyangan itu merupakan tempat pemandian ratu. Yakni, Ratu Balgina. Berdasarkan cerita rakyat, konon air terjun Jaran Goyang itu merupakan aliran sungai Sironjengan.

Nama Jaran Goyang akhirnya menjadi nama air terjun dan dusun. Sementara Guyangan menjadi nama desa ini. Kalau nama air terjun Jaran Goyang itu sudah lama sejak zaman dulu, tidak tahu ceritanya gimana,” ungkap Hasyim, Kades Guyangan. 

Air terjun setinggi 70-80 meter ini juga memiliki banyak spot foto menarik, fasilitas yang mendukung dan tentunya murah meriah.

Tidak sampai 2 jam dari Kota Kraksaan, akses menuju Jarang Goyang cukup mudah yaitu melalui pertigaan Pajarakan lalu menuju ke Gading dilanjutkan ke Tiris lalu ke Krucil hingga ke Guyangan dan akan sampai di Jaran Goyang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut