get app
inews
Aa Read Next : Kejari Serahkan Uang Korupsi Mantan Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo ke Negara

Wakil Bupati Probolinggo Tinjau Permukiman Warga Terdampak Banjir dan Cek Kondisi Sungai

Minggu, 20 November 2022 | 08:35 WIB
header img
Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama rombongan mengecek aliran sungai yang sering dikeluhkan masyarakat di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan (foto : zainul rifan/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko melakukan pengecekan terhadap dampak banjir yang terjadi pada Sabtu (19/11/2022). Dari hasil pengecekan itu, pihak pemerintah bakal memperbaiki kondisi sungai yang menjadi penyeban banjir. 

Pengecekan oleh Wabup Timbul, dimulai dari pemukiman warga terdampak yang berlokasi di Dusun Tugu, Rt 03, Rw 05, Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo

Kemudian dilanjutkan, dengan pengecekan sungai yang dikeluhkan warga. Dimana sungai tersebut, sejak dua tahun terakhir sering meluap dan menyebabkan banjir, ketika musim hujan tiba.

Di sela-sela pengecekan kondisi sungai itu, Wabup Timbul menyempatkan waktunya memberikan bantuan, kepada sejumlah warga yang terdampak. 


Wabup Probolinggo saat memberikan bantuan kepada warga terdampak terdampak banjir (foto : zainul rifan/iNewsProbolinggo.id)

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan, kalau aliran sungai yang berada di Kelurahan Patokan, merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Karena itu, pihaknya di dampingi pihak Sumber Daya Air (SDA) Provinsi Jatim.

Dengan sigap, pihak SDA langsung merencanakan proses perbaikan aliran sungai sepanjang 7 kilometer tersebut. Direncanakan, perbaikan bakal dilakukan pada tahun 2023 mendatang.

"Karena ini wilayahnya provinsi, maka kita tidak punya kewenangan. Karena itu, kami hanya lakukan koordinasi agar segera diperbaiki," akunya  

Selain berkoordinasi, pihaknya juga tetap memperhatikan warga yang terdampak, dengan cara memberikan bantuan kepada warga tersebut.

"Nanti kami dari BPBD dan Dinas Sosial, akan memberikan bantuan kepada warga," katanya.

Sekedar informasi, hujan deras yang terjadi pada Kamis (19/11/2022) sekitar pukul 03.00 WIB, hingga pukul 08.00 WIB, membuat sejumlah desa di Probolinggo terendam banjir.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut