get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

NasDem Kota Probolinggo Klaim Perolehan Suara Naik Tapi Kursi Stagnan, Apa Penyebabnya?

Minggu, 25 Februari 2024 | 22:33 WIB
header img
Gambar ilustrasi kursi DPRD ( foto: iNewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - DPD Partai NasDem Kota Probolinggo mengklaim perolehan suara partai mengalami peningkatan signifikan. Meski mengalami peningkatan, anehnya perolehan kursi mereka di DPRD Kota Probolinggo justru tidak bertambah alias stagnan.

Pada Pemilu 2024, di internal NasDem diprediksi ada pergeseran perolehan kursi di tiap Kecamatan. Informasi yang dihimpun dari Partai NasDem masih tetap mengantongi 3 kursi di DPRD Kota Probolinggo.

Adapun komposisi pemegang kursi di parlemen akan berubah. Hanya satu pendatang baru yang akan menduduki salah satu dari 3 kursi tersebut. Pendatang baru itu adalah Nunung M.Toha dari Daerah Pemilihan Kecamatan Mayangan.

Sementara para incumbent yang masih mempertahankan kursi yakni Sibro Malisi dari Dapil Kecamatan Kanigaran, dan Elyas Adityawan dari Dapil Kecamatan Kedopok. 

Menurut Ketua DPD Partai NasDem Kota Probolinggo, Zulfikar Imawan mengklaim dari hitung-hitungan internal partai, perolehan suara NasDem di Kota Probolinggo sebenarnya mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu peningkatan suara dari semula 13.995 pada Pemilu 2019, menjadi 24.399 pada Pemilu 2024 ini. 

"Sejumlah faktor yang memengaruhi perolehan suara NasDem Kota Probolinggo pada Pemilu 2024 yakni sosialisasi, dan program kerja partai yang menyentuh langsung kepada masyarakat," terang Zulfikar.

Tak hanya itu Zulfikar juga menyebut kompetisi perebutan kursi semakin ketat. Kekuatan partai politik di semua dapil menunjukkan pergeseran.

"Sedangkan yang menyebabkan stagnan jumlah kursi yang diperoleh yakni tetap 3 kursi konversi sebaran suara pada lima dapil tidak merata, sehingga menumpuk pada beberapa dapil, ketika dihitung dengan metode Saint Laque maka tercapai hasil tersebut," tandasnya.

Adapun jumlah Prediksi kursi setiap partai di kota probolinggo, menurut perhitungan suara sementara KPU yaitu Golkar 7 kursi, PKB 6 kursi, Gerindra 4 kursi, NasDem 3 kursi, PDIP 5 kursi, PKS 3 kursi, PPP 2 kursi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut