get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin Sebabkan Sungai Regoyo Meluap Rendam Permukiran Warga

10 Makanan Tradisional Jawa Timur yang Wajib Dicoba

Senin, 20 November 2023 | 09:55 WIB
header img
Soto Lamongan (Foto: Okezone)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, hingga minuman, semuanya memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

Berikut adalah 10 makanan tradisional Jawa Timur yang wajib dicoba:

  1. Soto Lamongan

Soto Lamongan adalah salah satu soto paling populer di Indonesia. Soto ini memiliki kuah yang bening dan gurih, dengan isian daging sapi, ayam, atau jeroan. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan nasi, tauge, kol, dan sambal petis.

  1. Rawon

Rawon adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan kuah hitam pekat yang terbuat dari kluwek. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, kol, dan sambal.

  1. Rujak Cingur

Rujak cingur adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari campuran sayuran, buah-buahan, dan daging sapi. Daging sapi yang digunakan biasanya adalah cingur, yaitu hidung sapi. Rujak cingur biasanya disajikan dengan kuah petis, sambal, dan kerupuk.

  1. Pecel Madiun

Pecel Madiun adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari sayuran, seperti kangkung, bayam, tauge, dan kacang panjang. Sayuran-sayuran tersebut direbus dan dicampur dengan bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah, petis, gula merah, dan cabai. Pecel Madiun biasanya disajikan dengan nasi, tempe, dan tahu goreng.

  1. Sego Tumpang

Sego tumpang adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari nasi, tempe, dan sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari tempe bosok, cabai, bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lainnya. Sego tumpang biasanya disajikan dengan sayuran, seperti kangkung, bayam, dan kacang panjang.

  1. Lontong Balap

Lontong balap adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari lontong, sate kerang, dan lentho. Lentho adalah gorengan yang terbuat dari kacang tolo. Lontong balap biasanya disajikan dengan kuah petis, sambal, dan kerupuk.

  1. Bakso Malang

Bakso Malang adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari bakso, mie kuning, pangsit, dan tauge. Bakso Malang biasanya disajikan dengan kuah kaldu yang gurih dan sambal.

  1. Nasi Krawu

Nasi krawu adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari nasi, serundeng, dan sambal terasi. Nasi krawu biasanya disajikan dengan daging sapi, ayam, atau jeroan.

  1. Tahu Campur

Tahu campur adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari tahu, tauge, mie kuning, lentho, dan selada. Tahu campur biasanya disajikan dengan kuah petis, sambal, dan kerupuk.

  1. Mie Sop

Mie sop adalah makanan khas Jawa Timur yang terbuat dari mie kuning, daging ayam, sayuran, dan kuah kaldu yang gurih. Mie sop biasanya disajikan dengan sambal dan kerupuk.

Itulah 10 makanan tradisional Jawa Timur yang wajib dicoba. Jika Anda berkesempatan untuk berkunjung ke Jawa Timur, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan tersebut. Anda pasti akan terpukau dengan cita rasanya yang khas dan lezat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut