get app
inews
Aa Read Next : Marak Spanduk Tolak Gibran di Bangkalan Madura, Dinilai Lecehkan Mahfud MD

Mengenal Mohammad Sroedji Pahlawan dari Kota Jember, Kampung Asal Istri Mahfud MD

Senin, 30 Oktober 2023 | 19:45 WIB
header img
Mohammad Sroedji pahlawan dari Kota Jember, kampung asal istri Mahfud MD. Foto: IST

JEMBER, iNewsProbolinggo.id - Dengan naiknya Mahfud MD sebagai calon wakil presiden 2024 dari Ganjar Pranowo, ada baiknya masyarakat mengetahui sejarah perjuangan Indonesia dimana kisah pahlawan berada. 

Bahkan, Mahfud MD yang sudah berkontribusi dalam perjuangan Indonesia melalui keahlian di bidang hukum, memandang tinggi akan pahlawan Indonesia karena kemerdekaan yang mereka raih untuk masyarakatnya.

Dengan besar dan panjangnya sejarah Indonesia dalam perjuangan, pahlawan-pahlawan datang dari berbagai daerah yang memiliki semangat untuk meraih kemerdekaan. Salah satunya adalah kota Jember.

Kota Jember adalah kota asal Istri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) dan juga Calon Wakil Presiden (cawapres) Mahfud MD, Zaizatun Nihayati

Indonesia adalah tanah yang kaya akan sejarah kepahlawanan. Dari Sabang hingga Merauke, banyak pahlawan nasional telah berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa. 

Salah satu daerah yang memiliki andil besar dalam menghasilkan pahlawan adalah Jember, yang memiliki Pahlawan bernama Mohammad Sroedji

Awal Kehidupan Mohammad Sroedji

Mohammad Sroedji, yang lahir pada 1 Februari 1915, adalah seorang prajurit berani yang berperang melawan pasukan penjajah Belanda di wilayah Kabupaten Jember, Jawa Timur. 

Semangat dan tekadnya untuk melawan penjajah membuatnya menjadi salah satu pahlawan nasional yang dihormati dan diabadikan oleh masyarakat Indonesia.

Pada akhir tahun 1943, Moch Sroedji memulai karir militernya di Jember, awalnya menjabat sebagai komandan kompi (Chuudanchoo) di Peta Besuki. 

Untuk mencapai posisi ini, ia harus menyelesaikan Pendidikan Perwira Tentara PETA angkatan pertama di Bogor, bersama dengan Ahmad Yani dan Soeharto. 

Setelah menyelesaikan pendidikan tersebut, ia ditugaskan sebagai komandan kompi untuk wilayah Karesidenan Besuki – Batalyon 1 Kencong – Jember di bawah komando Daidancho Soewito Soediro. 

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut