get app
inews
Aa Read Next : Makhluk Perusak Ya'juj Ma'juj Keringkan Danau Thabariyah, Apa Hubungan Mereka dengan Dajjal? 

Sosok Yajuj Majuj yang Hisap Danau Thabariyah, Dikurung oleh Zulkarnain Muncul Lagi Jelang Kiamat

Selasa, 03 Oktober 2023 | 12:08 WIB
header img
Sosok Yajuj Majuj yang dikurung Zukarnain, muncul lagi jelang kiamat. Foto: Ilustrasi/Dok. SINDOnews

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Terungkap inilah sosok Yajuj Majuj yang menghisap Danau Thabariyah hingga mengering.

Sosok Yajuj Majuj bahkan disebutkan dalam Alquran sebanyak 2 kali, yakni dalam Surat Al- Kahfi dan Surat Al Anbiya. Namanya pun disandingkan dengan tokoh Zulkarnain yang hidup di zaman Nabi Ibrahim AS.

Nama Yajuj Majuj saa ini sedang banyak diperbincangkan imbas kondisi Danau Thabariyah atau Danau Tiberias yang ada diantara 2 negara yakni Palestina dan Suriah mendadak alami kekeringan. 

Kedua negara tersebut mengalami kondisi kekeringan karena kekurangan air, akibat air danau tempat persediaan air tawar terbesar keduanya dikuasai oleh Israel.

Sementara itu jika merujuk pada khazanah Islam, keringnya Danau Thabariyah ini sebagai tanda-tanda akhir zaman dan kiamat akan datang. Dalam hadist nabi, Rasulullah SAW mengabarkan mengenai Danau Thabariyah yang akan mengalami kekeringan karena diminum oleh rombongan Ya'juj dan Ma'juj.

Sosok Yajuj Majuj

Beberapa ulama mengemukakan soal asal muasal Yajuj Majuj yang bukan dongeng semata. Disebutkan bahwa Yajuj Majuj adalah keturunan dari Yafits Abi At Turk, yang juga merupakan keturunan dari anak Nabi Nuh AS.

Hal tersebut merujuk pada kitab "An Nihayah, Al Fitan wal Malahim" 1: 153, salah satu hadits nabi menyebut jika Yajuj dan Majuj adalah keturunan Adam, jumlahnya banyak bahkan mereka akan jadi penghuni neraka.

Dari Abu Sa’id Al Khudri dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda,

يَقُولُ اللهُ تَعَالَى: يَا آدَمُ. فَيَقُولُ: لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَالْخَيْرُ فِي يَدَيْكَ. فَيَقُولُ: أَخْرِجْ بَعْثَ النَّارِ. قَالَ: وَمَا بَعْثُ النَّارِ؟ قَالَ: مِنْ كُلِّ أَلْفٍ تِسْعَ مِائَةٍ وَتِسْعَةً وَتِسْعِينَ فَعِنْدَهُ يَشِيبُ الصَّغِيرُ وَتَضَعُ كُلُّ ذَاتِ حَمْلٍ حَمْلَهَا وَتَرَى النَّاسَ سُكَارَى وَمَا هُمْ بِسُكَارَى وَلَكِنَّ عَذَابَ اللَّهِ شَدِيدٌ. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ وَأَيُّنَا ذَلِكَ الْوَاحِدُ؟ قَالَ: أَبْشِرُوا فَإِنَّ مِنْكُمْ رَجُلًا وَمِنْ يَأْجُوجَ وَمَأْجُوجَ أَلْفًا …

Allah ta’ala berfirman kepada Adam, “Ya Adam…” Maka Adam menjawab, "Aku sambut panggilan-MUdengan senang hati dan kebaikan semuanya di tanganMu).”

Kemudian Allah berfirman ,“Keluarkan utusan penghuni neraka.”. “Apa itu utusan penghuni neraka?” tanya Adam. “Dari setiap seribu anak keturunanmu, sembilan ratus sembilan puluh sembilan orang!” jawab Allah ta’ala.

Maka ketika itu anak kecil menjadi beruban, setiap yang hamil melahirkan janin yang dikandungnya, dan kamu lihat orang-orang seakan mabuk padahal mereka tidak mabuk. Tetapi karena azab Allah yang sangat pedih. “Siapa satu yang selamat dari kita itu ya Rasulullah?” tanya heran para sahabat.

Rasulullah menjawab, “Bergembiralah, sesungguhnya penghuni neraka itu dari kalian satu dan dari Ya’juj dan Ma’juj seribu….”(HR. Bukhari no. 6530).

Dalil lainnya juga membenarkan hadits di atas.

وَأَخْرَجَ الْحَاكِم وَابْن مَرْدَوَيْهِ مِنْ طَرِيق عَبْد اللَّه بْن عَمْرو ” أَنَّ يَأْجُوج وَمَأْجُوج مِنْ ذُرِّيَّة آدَم ، وَوَرَاءَهُمْ ثَلَاث أُمَم ، وَلَنْ يَمُوت مِنْهُمْ رَجُل إِلَّا تَرَكَ مِنْ ذُرِّيَّته أَلْفًا فَصَاعِدًا ” وَأَخْرَجَ عَبْد بْن حُمَيْدٍ بِسَنَدٍ صَحِيح عَنْ عَبْد اللَّه بْن سَلَام مِثْله

Dikeluarkan oleh Al Hakim dan Ibnu Mardawaih dari jalur ‘Abdullah bin ‘Amr bahwa Ya’juj dan Ma’juj dari keturunan Adam. Di belakangnya adalah tiga ummat. Tidaklah di antara mereka mati melainkan mereka tinggalkan 1000 keturunan berikutnya. Hadits ini dikeluarkan pula oleh ‘Abd bin Humaid dengan sanad shahih dari ‘Abdullah bin Salaam semisalnya. (Fathul Bari, 13: 107).

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut