get app
inews
Aa Read Next : Yakjuj Makjuj Binasa Setelah Dajjal Dibunuh

Benarkah Danau Thabariyah Kering Diminum Habis Yakjuj dan Makjuj Sebagai Tanda Hari Kiamat

Rabu, 22 November 2023 | 20:35 WIB
header img
Danau Thabariyah, yang juga dikenal sebagai Danau Tiberias, disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Foto: IST

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Danau Thabariyah, yang juga dikenal sebagai Danau Tiberias, disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Dalam hadis itu, Rasulullah SAW mengatakan bahwa Danau Thabariyah akan mengering karena diminum oleh Yakjuj dan Makjuj.

Kedatangan Ya'juj dan Ma'juj merupakan salah satu tanda hari Kiamat. Mereka dikenal sebagai makhluk yang merusak dan jumlahnya sangat besar. Siapakah mereka? Apakah mereka berasal dari keturunan manusia yang berasal dari Adam? Semua ini akan dibahas dalam serial pertama tentang mereka.

Sebagian ulama berpendapat bahwa Yakjuj dan Makjuj berasal dari keturunan Adam, bukan Hawa (istri Adam). Menurut pandangan ini, Adam mengalami mimpi basah, dan dari mani Adam yang bercampur dengan tanah, Yakjuj dan Makjuj lahir. Namun, pendapat ini sebenarnya tidak didukung oleh bukti yang kuat.

Ibnu Hajar dalam Fathul Bari (13:107) menyatakan, "Pandangan yang menyebutkan bahwa Ya'juj dan Ma'juj berasal dari keturunan Adam, bukan dari Hawa, tidak pernah diungkapkan oleh para salaf kecuali oleh Ka'ab Al Ahbar. Pendapat ini telah dibantah oleh hadis yang diriwayatkan hingga kepada Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, yang menyatakan bahwa Ya'juj dan Ma'juj berasal dari keturunan Nuh, sedangkan Nuh adalah keturunan Hawa."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut