get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Danau Thabariyah Kering Diminum Habis Yakjuj dan Makjuj Sebagai Tanda Hari Kiamat

Tampang Ya'juj dan Ma'juj menurut Hadits Nabi, akan Tewas Tragis usai Minum Air Danau Thabariyah

Kamis, 05 Oktober 2023 | 13:27 WIB
header img
Tampang Ya'juj dan Ma'juj menurut hadits nabi. Foto: ilustrasi

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Inilah tampang Ya'juj dan Ma'juj yang dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadits nabi. Disebutkan bahwa makhluk yang muncul jelang kiamat ini akan tewas mengenaskan usai meminum habis air Danau Thabariyah.

Ya'juj dan Ma'juj ini bukanlah 2 orang melainkan 2 bangsa yang jumlahnya sangat besar. Perbandingan antara manusia pada umumnya dengan Ya'juj dan Ma'juj adalah 1:999.  Kedua suku ini sudah ada sejak masa Nabi Musa berdakwah. Mereka akan menjadi mayoritas penghuni neraka.

Tampang Ya'juj dan Ma'juj:

Mengenai tampang Ya'juj dan Ma'juj, dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadits nabi riwayat Imam Ahmad. Begini bunyinya:

"Khalid bin Abdillah ibn Harmalah menyampaikan dari bibinya yang memaparkan, suatu ketika Rasulullah menyampaikan khutbah. Saat itu keadaan jari beliau terbalut perban karena tersengat kalajengking.

Beliau bersabda: “Kalian mengatakan tidak ada musuh. Sungguh, kalian akan terus berperang hingga Ya’juj dan Ma’juj keluar.  Mereka berwajah lebar, bermata kecil, dan berambut hitam kemerah-merahan. Mereka turun dengan sangat cepat dari seluruh tempat yang tinggi, dan wajah mereka seperti perisai cembung yang tebal." (HR Ahmad 5: 271).

Warna rambut mereka hitam kemerah-merahan, dan wajah mereka diperumpamakan oleh Rasulullah SAW dengan perisai cembung yang tebal. Kenapa? Karena bentuknya yang bulat dan padat berlemak. Mereka nanti akan keluar dan turun dari seluruh tempat yang tinggi. Lalu, menyebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat. 

Dalam riwayat lain dalan hadits nabi, disebutkan bahwa Ya'juj dan Ma'juj bukanlah bangsa non Arab.

Menurut hadits nabi tafsirb Ibnu Katsir diterangkan dari Ibnu Jarir menyebutkan Ya’juj dan Ma’juj adalah keturunan Nabi Adam AS yang juga termasuk keturunan Nabi Nuh dari anak-anak Yafits Abi At Turk. Yafits ini merupakan orang tua bangsa Turki. 

1.  Bukan orang Arab yang tidak fasih dalam berbicara.

Menurut standar dari orang Arab, bahasa yang paling bersih yaitu bahasa Arab. Salah satunya karena huruf-huruf hijaiyah terdengar sangat jelas dan sesuai dengan tempat dan sifat keluarnya bunyi suara tersebut.

Maka, tidak fasih di sini bisa dimaksudkan bahwa Yajuj Majuj tidak berasal dari Arab.

2. Menyerupai Bangsa Mongol

Jika hadits nabi merujuk pada satu bangsa, maka dalam sejarahnya bangsa Mongol ini pernah memporak-porandakan peradaban Islam di Baghdad. Banyak karya para ulama dan sarjana muslim yang dibakar dan dibuang ke lautan hingga laut menjadi hitam.

3. Bermata sipit, hidung pesek, rambut pirang dan kemerah-merahan

4. Berdahi lebar. Dahi lebar ini secara bahasa menunjukkan pada tanda kecerdasan dan kepintaran.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut