get app
inews
Aa Read Next : Polres Probolinggo Siagakan Pasukan Khusus Jaga Arus Mudik dan Balik, Utamanya Jalur Rawan

Banjir Rob Datang Lagi, Polres Probolinggo Terjunkan Perahu Karet

Jum'at, 17 Juni 2022 | 20:10 WIB
header img
Polisi saat membawa perahu karet dilokasi banjir rob (foto: Humas Polres Probolinggo)

PROBOLINGGO, iNews.id - Banjir rob di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo kini terjadi lagi. Mengetahui hal itu, pada Jum'at (17/6/2022) Polres Probolinggo membantu mengevakuasi warga terdampak menggunakan perahu karet.

Banjir yang menjadi tamu bulananan warga sekitar itu saat ini setinggi 30 sentimeter. Alhasil, aktifitas warga cukup terganggu.

Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi mengatakan kalau perahu karet yang diterjunkan itu dapat membantu mengevakuasi warga, khususnya anak-anak. Karena dikawatirkan banjir terus membesar dan dapat membahayakan warga sekitar.

"Mendapat informasi banjir rob, kami langsung gerak cepat dengan mengirim perahu karet. Agar bisa digunakan mengevakuasi warga," terangnya. 

Kapolres menjelaskan kalau banjir rob ini sering terjadi di wilayah pesisir Probolinggo. Itu ini dikarenakan kondisi air laut yang mengalami kenaikan pada saat pertengahan bulan atau yang disebut purnama. Debit air yang besar meluap dan masuk ke pemukiman warga.

Dengan itu, ia berharap masyarakat setempat tidak terlalu panik, dengan peristiwa itu. Hanya saja, kewaspadaan tetap selalu dijaga, agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"Kalau banjirnya tinggi, pertama selamatkan diri sendiri dan anggota keluarga terlebih dahulu. Selanjutnya mengamankan barang berharga," katanya.

Khususnya, tambah kapolres, menjauhkan barang yang memiliki aliran listrik dari air.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut