get app
inews
Aa Read Next : Pj Ketua TP PKK Kabupaten Probolinggo Resmikan Sekolah Paud dan TK PKK Permata Sari Desa Alassapi 

Atasi Banjir Rob Menahun, Gubernur Jatim Resmikan Tanggul Pencegah Banjir Rob

Senin, 25 Desember 2023 | 19:46 WIB
header img
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau pintu air yang ia resmikan (foto : iNewsProbolinggo.id/rifan)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan tanggul dan pintu air pencegah banjir rob menahun, di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (25/12/2023) sore. 

Pada kesempatan itu, Khofifah didampingi Kadis PU SDA Jawa Timur, Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto, Forkopimda Kabupaten Probolinggo, dan sejumlah pejabat Jatim serta Probolinggo.

Khofifah mengatakan, pembangunan pintu air dan tanggul pencegah banjir rob ini bermula ketika dirinya datang ke Kalibuntu pada bulan Agustus 2023 lalu, untuk menyaksikan acara petik laut. Saat itu pula dirinya disambut banjir rob.

Karena itu, ia langsung memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Sumber Daya Air (DPU SDA) Jatim untuk melakukan assesmen dan survei guna penanganan.

"Kalau saya datang ke suatu tempat, kemudian ada sesuatu yang urgent dan harus ada solusinya, saya akan tindak lanjuti," terang mantan Mentri Sosial itu.

Khofifah berharap, dengan terbangunnya pintu air dan tanggul pencegah banjir rob, masyarakat Desa Kalibuntu terhindar dari gangguan banjir rob yang rutin datang setiap tahunnya.

"Untuk mencegah agar tidak cepat rusak, kami akan menyiapkan bibit mangrove untuk kami tanam," jelasnya.

Disamping itu, Pj Bupati Probolinggo, Ugas Irwanto menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah provinsi jawa timur atas pembangunan pintu air tersebut. Sebab, dengan adanya pintu air tersebut, banjir rob yang biasa terjadi kini bisa diantisipasi.

"Setiap bulan purnama, selalu ada tamu tak diundang yang datang ke Kalibuntu," katanya.

Ucapan terimakasih juga diutarakan Kades Kalibuntu Khairul Anam. Di kesempatan yang sama, Khairul mengutarakan jika sejak masa pembangunan, intensitas banjir rob sudah teratasi.

"Semoga setelah selesai pembangunan ini, banjir rob sudah bisa diatasi," ucapnya.

Diketahui, selain peresmian tanggul dan pintu air, Khofifah juga memberikan sejumlah bantuan, diantaranya, kemiskinan ektrem, asistensi penyandang disabilitas, kelompok usaha bersama, wanita rawan sosial ekonomi, dan pemberian tali asih kepada TKSK, Tagana dan pendamping PKH Plus.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut