Resep Sambal Terasi, Enak dan Tak Gampang Basi! Yuk Praktekkan di Rumah

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sambal adalah makanan penyedap ataupun kondimen khas Indonesia asal Pulau Jawa yang sudah dikonsumsi masyarakat Jawa Kuno sejak abad ke-10 masehi, sebelum cabai yang dikenal saat ini masuk ke Nusantara, nenek moyang orang Jawa menggunakan cabai jawa atau cabai puyang, lada, dan jahe sebagai bahan membuat sambal.

Kehadiran
 sambal di piring makan masyarakat Indonesia bisa dibilang sangat penting, bahkan banyak orang yang wajib makan apa pun dengan sambal.

Dari begitu banyak varian sambal di Indonesia, tak dipungkiri yang salah satunya jadi favorit banyak orang adalah sambal terasi. Sambal rumahan yang cukup mudah dibuat, terbuat dari bahan-bahan segar seperti cabai, terasi, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam.

Terlihat mudah dibuat, tapi ada trik tersendiri loh agar sambal terasi yang dibuat ini bisa tahan lama alias tak gampang basi. Nah, bagaimana cara membuatnya? Dikutip dari channel Youtube Devina Hermawan, Selasa (4/7/2023) yuk intip resep sambal terasi enak dan tak mudah basi dari Chef Devina Hermawan, yang bisa jadi stok sambal di kulkasmu!

Bahan-bahan;

10 siung bawang putih, potong

15 siung bawang merah, potong

5 kemiri, geprek

15 cabai rawit

20 gr cabai kering, rendam air hangat atau 10-15 cabai merah

1 tomat

6 terasi

1 batang serai

2 lembar daun salam

100 ml minyak

150 ml air

1 sdt garam

4 sdm gula merah

½ sdt penyedap

Cara membuat;

 

1. Panaskan minyak, masukkan bawang merah, bawang putih, dan kemiri lalu goreng hingga setengah kering. Baru masukkan terasi, aduk-aduk;

2. Masukkan cabai rawit dan cabai kering, goreng sebentar kemudian blender sesuai tingkat kehalusan yang dinginkan;

3. Tumis lagi sambal dengan daun salam dan serai hingga wang dan minyaknya terpisah dari bumbu kemudian tambahkan air dan bumbui dengan gula merah, garam, dan penyedap rasa sesuai selera;

4. Gunakan api sedang lalu masak hingga air susut atau sampai minyak dan bumbunya terpisah kembali. Sambal terasi siap disajikan atau bisa jadi stok, disimpan dalam wadah tertutup rapat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network