Jurnalis Malaysia Iri Kepada Timnas Indonesia Karena Akan Diperkuat Pemain Kuat

Zainul Rifan

"Ya, dalam karier saya ini adalah pertama kalinya banyak pemain mengundurkan diri dari tim nasional,” kata Kim Pan-gon mengutip dari Berita Harian Malaysia.

Kendati demikian, Kim Pan-gon tidak mengeluh. Ia melihat ini sebagai momentum dirinya memanggil pemain-pemain berbakat lain yang belum mendapat kesempatan membela Timnas Malaysia di turnamen sepakbola antar negara-negara Asia Tenggara tersebut.

Tapi saya harus tetap positif. Ini membuat saya dapat melihat lebih banyak pemain yang telah kami gali bakatnya dan saya dapat melihat mereka secara langsung, membantu dan meyakinkan mereka,” jelas entrenador berusia 53 tahun tersebut

"Kami juga bisa memperpanjang (panggilan pemusatan latihan) ke lebih banyak pemain dan kompetisi di timnas akan jadi lebih banyak. Jadi, saya ingin tetap positif," tambah pelatih yang membawa Malaysia lolos Piala Asia 2023 ini.

Sebelumnya, Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) mengumumkan 41 pemain untuk menjalani pemusatan latihan Timnas Malaysia jelang Piala AFF 2022. Namun, setelah terjadi diskusi dan kesepakatan antara FAM, Kim dan klub-klub yang terlibat, 12 pemain mundur karena berbagai alasan, termasuk masalah pribadi, masalah keluarga dan cedera.

Beberapa di antara mereka yang mengundurkan diri adalah tujuh pemain Johor Darul Ta’zim (JDT), yakni Sharul Mohd Saad, La’vere Lawrence Corbin-Ong, Muhammad Nazmi Faiz Mansor, Arif Aiman Mohd Hanapi, Muhammad Akhyar Abdul Rashid, Matthew Davies dan Muhammad Syafiq Ahmad.

Setelah 12 pemain itu mundur, FAM kemudian memanggil bek kiri Selangor FC, Muhammad Fazly Mazlan, namun dua pemain Kuala Lumpur City FC, Muhammad Akram Mahinan dan Declan Lambert minta dicoret karena alasan pribadi.

Sebagai persiapan menuju Piala AFF 2022, Malaysia bakal melakoni dua laga persahabatan kontra Kamboja di Stadion Nasional Bukit Jalil pada 9 Desember 2022. Setelah itu, lima hari kemudian mereka akan bentrok dengan Maladewa di Stadion Sepakbola Kuala Lumpur.

Timnas Malaysia tergabung di Grup B Piala AFF 2022. Mereka akan bersaing dengan empat tim lainnya, yakni Myanmar, Laos, Singapura dan Vietnam. Nantinya hanya juara dan runner-up grup yang diizinkan lolos ke semifinal Piala AFF 2022.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network