get app
inews
Aa Read Next : Gelar Operasi Antisipasi Balap Liar, Polres Probolinggo Amankan 15 Motor

Polres Probolinggo Latih Personil Sebelum Turun Langsung Amankan Pilkada 2024

Selasa, 06 Agustus 2024 | 15:28 WIB
header img
Pemberian arahan dan pelatihan oleh Kapolres Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Mantap Praja Semeru 2024. Pelatihan tersebut digelar untuk meningkatkan kemampuan personil dalam pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Kegiatan Lat Pra Ops dipimpin Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardana ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 5-6 Agustus 2024 di Lobby samping Mapolres Probolinggo. 

AKBP Wisnu mengatakan Lat Pra Ops merupakan salah satu tahapan penting dan sangat strategis sebagai instrumen dasar manajemen Operasi. Sehingga nantinya pola pikir dan pola tindak yang dilakukan oleh personil dilapangan nantinya akan sama.

Selain itu juga mampu meningkatkan kesiapan personel dibidang ketrampilan, sikap, pengetahuan dan memantapkan koordinasi, komunikasi, kerjasama serta melaksanakan pengecekan sarana prasarana pendukung untuk menjamin rasa aman pelaksanaan Pilkada serentak 2024. 

"Sehingga nantinya tindakannya, baik tindak teknis maupun taktis bagi personel Polri dilapangan, selalu sama," katanya, Selasa (6/8/2024)

Menurutnya, kontestasi pilkada dapat meningkatkan suhu politik yang berpotensi kerawanan sosial dengan  menjurus kepada gangguan kamtibmas. Maka dari itu, Pihkanya harus mempu mengantisipasi hal tersebut.

"Memahami situasi tersebut tentunya tantangan pelaksanaan tugas Polri kedepan semakin berat dan komplek," ucapnya. 

Pada pilkada ini, lanjut Wisnu, pihaknya akan menyiapkan ratusan personil yang akan berjaga dalan satuan tugas (satgas) operasi. seperti satgas preemtif, satgas preventif, satgas kamseltibcar lantas, satgas tindak, satgas gakkum, satgas pengamanan bupati dan wakil bupati, satgas humas dan satgas banops.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut