get app
inews
Aa Read Next : Pendaftaran Pengawas TPS Mulai Dibuka, Berikut Tata Caranya

Pendaftaran SMK dan SMA Jalur Afirmasi hingga Pindah Tugas Dibuka Hari Ini, Perhatikan Caranya

Senin, 10 Juni 2024 | 12:10 WIB
header img
Pendaftaran SMK dan SMA Jalur Afirmasi (foto : iNewsProbolinggo.id/Okezone)

Kemudian pindah tugas orangtua termasuk anak guru, disediakam kuota 5 persen. Serta prestasi hasil lomba (baik lomba akademik maupun non akademik, termasuk golden ticket hafidz quran dan ketua OSIS terakomodir 5 persen. 

Terkait persyaratan anak buruh,  lanjut Mustakim, CPDB bisa membuktikkan melalui keanggotaan orang tua dalam asosiasi buruh. Selanjutnya pada kuota penyandang disabilitas, kategori ini untuk disabilitas ringan yang dilengkapi dengan surat keterangan dari Psikolog/Psikiater/Dokter Spesialis dan melampirkan suratketerangan dari sekolah asal yang menerangkan jenis ketunaan siswa. 

Sementara terkait jalur prestasi hasil lomba, Mustakim menyebut peluang penerimaan bisa setara prestasi di tingkat kabupaten/kota, nasional atau international. Yang penting, tambah dia, lomba digelar oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN, BUMD atau Instasi lain yang bekerja sama dengan dinas pendidikan, baik kabupaten/kota maupun provinsi. 

Jika penyelenggara lomba tidak memenuhi persyaratan diatas, sekolah SMA/SMK dapat mengakses laman kemdikbud atau kurasi pusat prestasi nasional kemdikbud

Sebelum proses pendaftaran di buka, Dindik Jatim juga menggelar latihan pendaftaran PPDB pada 5-8 Juni 2024. Latihan ini difokuskan untuk jalur zonasi SMA ataupun SMK.  
  
Dalam latihan tersebut, CPDB dijelaskan langkah-langkah pendaftaran hingga cara memilih tiga sekolah tujuan.  

"Latihan pendaftaran hanya bisa dilakukan sekali saja. Saat akses CPDB akan dijelaskan cara-cara pendaftaran termasuk dalam memilih sekolah. Nanti sistem akan memunculkan sekolah terdekat beserta jaraknya. Ada lima sekolah yang dimunculkan. Nah, CPDB ini harus ngecek yang dalam zona mana (zona radius) dan luar zona mana (zona sebaran). Karena masing-masing sekolah ada hitungan sendiri untuk lokasi (jaraknya). Jadi harus dimanfaatkan betul latihan pendaftaran ini," tandas Mustakim. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut