get app
inews
Aa Read Next : Tips Agar Tidak Kolesterol Karena Terlalu Banyak Makan Daging Saat Hari Raya

9 Tips Menabung untuk Membeli Hewan Kurban Idul Adha

Rabu, 15 Mei 2024 | 13:56 WIB
header img
tips menabung untuk kurban idul adha (foto : iNewsProbolinggo.id/Okezone)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia dianjurkan untuk melaksanakan ibadah kurban. Namun, bagi sebagian orang, harga hewan kurban yang tidak murah bisa menjadi kendala untuk bisa berkurban setiap tahun.

Jangan khawatir! Dengan perencanaan keuangan yang tepat, kamu tetap bisa berkurban setiap tahun. Berikut 9 tips jitu menabung kurban:

1. Tetapkan Tujuan dan Niat yang Jelas
Langkah pertama adalah menetapkan tujuan dan niat yang jelas. Berapa besar hewan kurban yang ingin kamu beli? Berapa lama kamu ingin menabung? Jawaban atas pertanyaan ini akan membantumu menentukan target dan strategi menabung yang tepat.

2. Hitung Biaya Hewan Kurban
Cari tahu harga rata-rata hewan kurban di daerahmu. Harga hewan kurban bisa berbeda-beda tergantung jenis hewan, berat, dan lokasi.

3. Buat Anggaran Menabung
Setelah mengetahui biaya hewan kurban, buatlah anggaran menabung yang realistis. Sesuaikan anggaran dengan kemampuan keuanganmu. Kamu bisa menggunakan kalkulator online atau aplikasi pencatat keuangan untuk membantumu.

4. Sisihkan Dana Secara Rutin
Sisihkan dana secara rutin untuk tabungan kurban. Kamu bisa menyisihkan dana setiap hari, minggu, atau bulan, tergantung kemampuanmu. Semakin rutin kamu menyisihkan dana, semakin cepat kamu mencapai target.

5. Manfaatkan Bonus atau Penghasilan Tambahan
Jika kamu mendapatkan bonus atau penghasilan tambahan, manfaatkan sebagian untuk tabungan kurban. Ini adalah cara yang baik untuk mempercepat proses menabung.

6. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu
Coba identifikasi pengeluaran yang tidak perlu dan kurangi atau hentikan pengeluaran tersebut. Dana yang dihemat bisa dialihkan ke tabungan kurban.

7. Cari Tambahan Penghasilan
Jika memungkinkan, carilah tambahan penghasilan untuk mempercepat proses menabung. Kamu bisa mencari pekerjaan sampingan, berbisnis online, atau menjual barang-barang yang tidak terpakai.

8. Gunakan Celengan atau Tabungan Khusus
Gunakan celengan atau buatlah rekening tabungan khusus untuk menabung kurban. Hal ini akan membantumu fokus dan lebih termotivasi untuk menabung.

9. Pantau Kemajuan Menabung
Pantau secara berkala kemajuan menabungmu. Hal ini akan membantumu mengetahui apakah kamu masih dalam jalur yang tepat untuk mencapai target.

Tips Tambahan:

Gabung dengan Program Tabungan Kurban Bersama: Banyak masjid atau lembaga yang menawarkan program tabungan kurban bersama. Program ini biasanya menawarkan harga hewan kurban yang lebih murah dan memudahkan kamu untuk menabung secara kolektif.

Gunakan Aplikasi Pengingat: Gunakan aplikasi pengingat di smartphone-mu untuk mengingatkanmu untuk menyisihkan dana tabungan kurban secara rutin.

Berdoa dan Berikhtiar: Jangan lupa untuk berdoa dan berikhtiar agar dimudahkan dalam menabung kurban.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu bisa menabung kurban setiap tahun dan melaksanakan ibadah kurban dengan penuh kebahagiaan.

Ingatlah bahwa:

Berkurban adalah ibadah yang mulia dan memiliki banyak manfaat.

Jangan jadikan harga hewan kurban sebagai penghalang untuk berkurban.

Dengan perencanaan dan usaha yang tepat, kamu pasti bisa berkurban setiap tahun.

Semoga bermanfaat!

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut