get app
inews
Aa Read Next : Kisah Ketulusan Hati Mak Iyah, Lansia 70 Tahun Ikhlas Bersihkan Masjid Setiap Hari tanpa Imbalan

Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin Sebabkan Sungai Regoyo Meluap Rendam Permukiran Warga

Jum'at, 19 April 2024 | 07:51 WIB
header img
Seorang anggota BNPB menggendong bocah di tengah banjir luapan Sungai Regoyo akibat banjir lahar dingin Gunung Semeru. Foto: BNPB

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Banjir lahar dingin Gunung Semeru mengakibatkan debit air Daerah Aliran Sungai (DAS) Regoyo meluap dan merendam permukiman warga di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur

Kejadian ini terjadi pada Kamis (18/4/2024) pukul 19.30 WIB. Abdul Muhari, Kepala Pusat Informasi BNPB, menyatakan bahwa akibat peristiwa ini, sejumlah warga Lumajang melakukan evakuasi mandiri ke tempat yang lebih aman.

"Luapan lahar dingin ini terjadi setelah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur wilayah Gunung Semeru sejak sore hari," ujar Abdul Muhari, Jumat (19/4/2024).

Berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang pada pukul 22.50 WIB, sebanyak 32 kepala keluarga (KK) mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

Tiga jembatan dilaporkan rusak akibat dampak lahar dingin tersebut, yaitu jembatan yang menghubungkan Desa Gondoruso dan Desa Bades di Kecamatan Pasirian, serta jembatan di Dusun Sumberbulus, Desa Oro-oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut