get app
inews
Aa Read Next : Aktif Dalam Pemberitaan Saat Pemilu, Forum Mitra Media Polres Probolinggo Diganjar Penghargaan

Tingkatkan Kamtibmas Jelang Pemilu, Pemdes Jatiurip Probolinggo Aktifkan Kembali Linmas

Selasa, 23 Januari 2024 | 06:40 WIB
header img
Linmas desa jatiurip saat mendapatkan materi dari babinkamtibnas (foto : iNewsProbolinggo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Untuk meningkatkan Kamtibmas jelang pemilu 2024, Pemerintah Desa (Pemdes) Jatiurip, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo berkolaborasi dengan Polsek Krejengan kembali mengaktifkan linmas setempat.

Total ada sebanyak 16 Linmas yang dikumpulkan di Balai Desa untuk diberi materi atau sosialisasi dalam menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) dari anggota Bhabinkamtibmas Polsek Krejengan, Bripda Aji Bimantoro, Senin (22/1/2024).

Kepala Desa Jatiurip Mohammad Hendrik mengatakan, kegiatan pengumpulan Linmas tersebut merupakan inisiatif dari Bhabinkamtibmas Polsek Krejengan. Dengan tujuan agar Limas yang ada dapat membantu kondusifitas pemilu 2024.

"Karena itu bentuknya sudah perintah, jadi saya siap melaksanakan perintahnya untuk kembali mengaktifkan Linmas dalam meningkatkan Kamtibmas di Desa Jatiurip ini," ungkapnya.

Ia berharap, seluruh Linmas yang ada di Desa Jatiurip bisa lebih kompak dan bertanggung jawab menjaga keamanan di Desa setempat.

"Semoga di tahun 2024 mendatang saya bisa menganggarkan terkait perlengkapan atribut para Linmas yang ada di Desa Jatiurip," katanya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Polsek Krejengan Bripda Aji Bimantoro menjelaskan, selain untuk pemilu, pengumpulan Linmas tersebut juga bertujuan untuk meningatkan keamanan desa. Mengingat maraknya aksi pencurian motor dan hewan.

"Salah satunya mungkin dengan cara melakukan patroli dengan didampingi linmas dan masyarakat sekitar untuk melakukan ronda," ucapnya.

Kemudian, lanjut Aji, pihaknya juga sudah menyiapkan bekal untuk para Linmas bagaimana teknis penjagaan atau Pam Pemilu di Tempat Penguatan Suara (TPS). Sehingga pemungutan suara dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

"Jadi kami memberikan sosialisasi bagaimana sistemnya dan pengawasan agar tidak ada orang luar yang masuk ke TPS," ujarnya.

Ia berharap Linmas Desa Jatiurip bisa menjadi percontohan bagi diri sendiri maupun keluarga bahkan untuk wilayah yang lain agar menjadi suatu kebanggaan karena menjadi bisa menjadikan Desa Jatiurip aman dan kondusif.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut