get app
inews
Aa Read Next : Sekeluarga Jadi Aparat Negara Ayah Bintara Polisi, Abang Lettu Kopassus, Adik Perwira Remaja Polri

Kisah Pasukan Inggris SAS Kocar-Kacir Berhadapan dengan Kopassus di Hutan Belantara Kalimantan

Sabtu, 11 November 2023 | 14:38 WIB
header img
Pasukan khusus Inggris atau Special Air Service (SAS)  sebuah unit Angkatan Darat Britania Raya pernah berhadapan dengan Kopassus TNI AD.(Foto: Dok)

Benny dan anggota Kopassus lainnya mengambil identitas baru sebagai relawan dari Muarateweh, Kalimantan Selatan. Penyusupan dilakukan dengan maksud mengamati rute penyerbuan yang dapat digunakan oleh pasukan utama. Pasukan Kopassus yang menyamar berhasil mengidentifikasi personel SAS Inggris.

Empat musuh muncul di hadapan Benny dan pasukannya. Namun, musuh-musuh tersebut kocar kacir berhasil dikejar dan salah satunya tewas ditembak, sementara dua lainnya berhasil melarikan diri.

Satu musuh, seorang anggota SAS Inggris, berhasil ditangkap oleh Benny dalam keadaan hidup. Anggota SAS yang berhasil ditangkap itu kemudian dibawa ke Jakarta sebagai bukti keberadaan pasukan SAS Inggris.

Tindakan ini dilakukan agar Pemerintah Inggris tidak merespons secara berlebihan terhadap konflik antara Indonesia dan Malaysia di wilayah Kalimantan.

Sayangnya, anggota SAS yang ditawan mengalami luka parah dan fasilitas kesehatan serta transportasi pada saat itu belum memadai. Akibatnya, anggota SAS tersebut akhirnya meninggal dunia, dan jenazahnya dikebumikan di tengah hutan Kalimantan.

Benny dan pasukannya akhirnya kembali ke Jakarta dengan membawa dog tag (kalung militer) sebagai barang bukti.

 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut