get app
inews
Aa Read Next : Kayana, Bocah 12 Tahun Berhasil Sabet Juara Biliar se-Kabupaten Pasuruan

Sosok Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf Ulama Kharismatik Pasuruan Pemimpin Rabithah Alawiyah 

Senin, 09 Oktober 2023 | 20:19 WIB
header img
Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf dikenal sebagai salah satu ulama keturunan Nabi Muhammad SAW (Dzurriyah Nabi) yang saat ini memimpin Rabithah Alawiyah. Foto NU Jatim

PASURUAN, iNewsProbolinggo.id - Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf dikenal sebagai salah satu ulama keturunan Nabi Muhammad SAW (Dzurriyah Nabi) yang saat ini memimpin Rabithah Alawiyah. Dimana Rabithah Alawiyah adalah sebuah organisasi yang bertugas mencatat dan menghimpun keluarga alawiiyin (para Habaib) di Indonesia.

Ulama yang berasal dari Pasuruan ini terpilih sebagai Ketua Umum Rabithah Alawiyah pada Muktamar Rabithah Alawiyah di Jakarta pada tanggal 5 Desember 2021. Habib Taufiq juga pernah menjabat sebagai Mustasyar Nahdlatul Ulama Jawa Timur.

Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf adalah seorang ulama besar yang sangat tawadhu', berasal dari kota santri, Pasuruan, Jawa Timur. Istri beliau adalah seorang Syarifah yang bernama Faizah binti Muhammad Assegaf, dan mereka memiliki tujuh anak (enam laki-laki dan satu perempuan).

Habib Taufiq mengasuh beberapa pondok pesantren, antara lain Ponpes Putra Sunniyah Salafiyah Pasuruan, Pondok Pesantren Putri Az-Zahra, dan mengelola Majalah Cahaya Nabawiy. Selain itu, beliau juga memiliki toko kitab dan parfum, serta bisnis travel haji dan umrah.

Masa kecilnya, Habib Taufiq diasuh oleh ayahnya, yaitu Habib Abdul Qadir bin Husein Assegaf. Setelah merasa cukup dengan bimbingan orang tuanya, ia melanjutkan pendidikan agamanya dengan belajar kepada ulama dan habaib di Pasuruan, salah satunya adalah Habib Ahmad bin Hadi Al-Hamid. Beliau juga belajar dari banyak habaib dan ulama terkemuka di Kota Pasuruan.

Habib Taufiq aktif mengunjungi rumah-rumah para habaib dan ulama tersebut untuk mendapatkan pengajaran ilmu agama. Setiap minggu, beliau memiliki jadwal rutin, seperti membaca hadhrah Basaudan pada Selasa sore di Masjid Jami' Assegaf, tausiyah hingga isya, serta kegiatan madrah pada Rabu pagi di rumahnya. Setiap Jumat malam, beliau membacakan Maulid Burdah, Surat Al-Kahfi, dan qasidah. Sementara setiap Sabtu malam, ada pengajian umum di Masjid Agung AlAnwar. Semua acara pengajian, baik di rumahnya maupun di Pondok Pesantren Sunny As-Salafiyah, disiarkan langsung melalui Radio Suara Nabawiy, baik melalui frekuensi 107 FM maupun 747 AM.

Profil Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf

Nama Lengkap: Habib Taufiq bin Abdul Qadir bin Husein bin Segaf bin Muhammad Assegaf.
Tempat Lahir: Pasuruan, Tahun 1969.
Istri: Syarifah Faizah binti Muhammad Assegaf.
Jumlah Anak: 7 (6 laki-laki, 1 perempuan), yaitu Muhammad, Abdul Qadir, Abu Bakar, Husein, Ja'far, Saqqaf, dan Alwiyyah.

Jabatan

  • Pengasuh Pesantren Suniyyah Salafiyah Pasuruan, Jawa Timur.
  • Mustasyar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pasuruan, masa khidmat 2017-2021.
  • Ketua Umum Rabithah Alawiyah, periode 2021-2026.

Demikian profil Habib Taufiq bin Abdul Qodir Assegaf. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut