get app
inews
Aa Read Next : Kampanyekan Kawasan Bebas Rokok Pemkot Probolinggo Ajak Awak Media

Ini Deretan Penyakit yang Bisa Mengintai Para Perokok Pasif

Jum'at, 23 Juni 2023 | 15:06 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Rokok memiliki dampak buruk bagi tubuh. Faktanya, dampak tersebut tidak hanya dapat dirasakan oleh perokok aktif tetapi juga pasif. Bahaya perokok pasif tidak bisa disepelekan, karena orang yang menghirup asap rokok juga berisiko terkena penyakit serius.

Menurut data dari WHO, terdapat setidaknya 8 juta kematian yang disebabkan oleh asap rokok, di mana 1,2 juta di antaranya termasuk perokok pasif.

Perokok pasif adalah orang yang tidak merokok, namun terpapar dan menghirup asap rokok orang lain. Menjadi perokok pasif artinya berisiko terkena dampak buruk rokok meski tidak menghisapnya secara langsung.

Sebagian besar asap yang berasal dari rokok akan dilepaskan ke udara, sehingga asap tersebut dapat terhirup oleh orang-orang di sekitarnya. Semakin sering terpapar asap rokok, maka semakin tinggi risiko perokok pasif mengalami gangguan kesehatan.

Belum lama ini viral seorang wanita mengalami sakit bronkitis karena pacarnya sering merokok di dekatnya. Lama-kelamaan asap rokok yang dihirupnya menyebabkan ia sakit pernapasan.

Ia merupakanperokok pasif yang jadi korban asap rokok pacarnya. Oleh karena itu jangan santai saja jadi perokok pasif, ingatkan orang-orang terdekatmu untuk berhenti merokok, agar kalian semua sehat.

"Sebelumnya, kita cuma virtualan, paru-paru gue masih bersih. Sejak dia datang, sering hirup asapnya kalau dia merokok, soalnya selalu merokok disamping," dalam unggahannya, kata akun Tiktok @karinasliana.

"Baru ketahuan beberapa bulan lalu, nggak masuk akal masa hasil laboratorium Bronkitis. Sejak saat itu sering sesak nafas, nafas pendek karena dada rasanya sesak kaya ketutup," sambungnya.

Hal ini tentu jadi pembelajaran siapapun, karena dampak dari rokok bukan hanya untuk perokok aktif (si perokok) tapi juga perokok pasif (orang disekitarnya).

Nah, ternyata, bukan hanya sakit bronkitis, masih ada penyakit lain bisa mengintai keduanya, antara lain, penyakit paru-paru kronis, stroke, dan serangan jantung, tulang mudah patah, gangguan mata, salah satunya seperti katarak.

Asap rokok yang dihirup terus-menerus juga menyebabkan kanker leher rahim dan keguguran pada wanita, menyebabkan kerontokan rambut, mudah terinfeksi penyakit seperti (meningitis, infeksi telinga tengah, pneumonia, bronchitis, asma, limfoma, leukemia), sampai sulit sembuh bila sakit karena sistem kekebalan tubuh menurun, dan penyakit lainnya.

"Merokok merupakan kegiatan yang berdampak buruk tidak hanya bagi diri sendiri, tetapi juga orang lain atau keluarga yang ada di sekitarnya baik dalam waktu singkat maupun jangka panjang," keterangan dalam Promkes laman Kementerian Kesehatan.

Perlu diketahui, di dalam rokok terkandung lebih dari 4.000 jenis bahan kimia yang berbahaya bagi tubuh. Sementara menurut National Heart Service (NHS) kalau orang menghirup asap rokok (perokok pasif) secara teratur lebih mungkin terkena penyakit yang sama dengan perokok, termasuk kanker paru-paru dan penyakit jantung.

Sementara bagi Ibu hamil yang terpapar asap rokok pasif lebih rentan melahirkan prematur, dan bayinya lebih berisiko mengalami berat badan lahir rendah dan sindrom kematian bayi mendadak (cot death).

Dan anak-anak yang tinggal di rumah berasap berisiko lebih tinggi mengalami masalah pernapasan, asma dan alergi. "Orang tidak pernah merokok tinggal bersama orang yang merokok berisiko lebih tinggi terhadap berbagai penyakit terkait tembakau dan risiko kesehatan lainnya," keterangan dalam Better health.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut