get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

5 Makanan Ini Aman Untuk Kamu Penderita Kolesterol

Sabtu, 17 Juni 2023 | 12:28 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus memperhatikan setiap makanan yang hendak dikonsumsi. Selain ada pantangan yang harus dihindari, ada juga anjuran makanan penurun kolesterol tinggi yang baik untuk dikonsumsi bahkan bisa dijadikan sebagai menu makanan sehari-hari. 

Jangan beranggapan bahwa kita tidak membutuhkan kolesterol, zat lemak ini tetap kita butuhkan dan memang sangat penting untuk kehidupan, namun jika ada terlalu banyak kolesterol dalam darah kita, maka dapat merusak kesehatan terutama yang terkait dengan aliran darah pada organ-organ vital seperti jantung dan otak.

Untuk itu selain menggunakan obat penurun kolesterol, kita juga harus memperhatikan apa saja makanan untuk penderita kolesterol tinggi yang boleh dikonsumsi serta ada juga berbagai pilihan makanan sehat yang diketahui mampu mengurangi dan mengontrol kadar kolesterol dalam darah.

Pengidap kolesterol tinggi harus memilih-milih makanannya agar tak semakin tinggi kolesterolnya. Apalagi kolesterol tinggi memicu penyakit berbahaya seperti jantung koroner, stroke hingga diabetes.

Kolesterol tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal seperti obesitas, jarang berolahraga serta konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan tinggi lemak dan rendah serat berpotensi menaikkan kadar kolesterol.

Supaya kolesterol darah tetap stabil, kamu harus mulai disiplin mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Terdapat berbagai macam makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi, mulai dari sayuran, buah-buahan sampai cemilan untuk dikonsumsi sehari-hari.

Namun, pastikan apakah makanan tersebut aman untuk dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi, dilihat dari kandungan nutrisi dan cara pembuatannya. Berikut 5 Makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan nutrisi yang menyehatkan jantung. Alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal, serat, nutrisi fitosterol dan polifenol. Karena itu, alpukat efektif menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kolesterol tetap seimbang.

Seperti dilansir dari Everyday Health, dalam 150 gram alpukat mengandung 14,7 gram lemak tak jenuh tunggal, yang dapat mengurangi menurunkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Ikan

Kandungan lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan seperti asam eicosapentaenoic (EPA), adalah lemak tak jenuh ganda esensial yang ditemukan pada ikan seperti salmon, mackerel, dan sarden yang bermanfaat untuk anti-inflamasi dan menjaga kesehatan organ jantung.

Manfaat kesehatan jantung lainnya termasuk mencegah pembentukan kristal kolesterol di arteri, mengurangi peradangan, dan meningkatkan cara kerja kolesterol HDL.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah sumber lemak tak jenuh yang baik, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL, terutama ketika mereka menggantikan lemak jenuh dalam makanan.Kacang juga kaya serat, yang membantu menjaga tubuh dari menyerap kolesterol dan meningkatkan ekskresi. Semua kacang cocok untuk diet penurun kolesterol yang menyehatkan jantung, termasuk diantaranya adalah kacang almond, kacang kenari, kacang pistasio, kacang mete dan kacang hezel.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun extra virgin terbukti sangat menyehatkan bagi jantung. Salah satu kegunaanny adalah sebagai pengganti minyak goreng.

Mengganti lemak jenuh, ditemukan dalam mentega, dengan lemak tak jenuh tunggal, ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin, dapat membantu menurunkan kadar LDL.

Selain itu, minyak zaitun extra virgin memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat sangat bermanfaat untuk kardiovaskular dan kesehatan secara keseluruhan.

5. Kacang Kedelai

Kedelai dan produk kedelai, seperti tahu , susu kedelai, dan yogurt kedelai, cocok untuk diet penurun kolesterol.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut