get app
inews
Aa Read Next : Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Beberapa Manfaat Rebusan Daun Alpukat untuk Kesehatan

Benarkah Lemon Bisa Turunkan Kolesterol dengan Cepat? Simak Penjelasannya

Kamis, 27 Juli 2023 | 16:15 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mengontrol makanan yang dikonsumsi sangatlah penting, terutama setelah berpuasa selama satu bulan penuh. Saat datangnya hari raya, sudah menjadi kebiasaan untuk menyantap hidangan khas seperti opor ayam, sate gule kambing, dan rendang. Masakan yang enak sulit ditolak bagi sebagian orang, alhasil mengontrol makanan menjadi hal yang sulit dilakukan. Kurangnya kontrol makanan juga menjadi sumber berbagai penyakit, salah satunya kolesterol

Beberapa fakta membeberkan khasiat lemon bisa turunkan kolesterol dengan cepat menarik dibahas. Hal ini dikarenakan lemon mengandung nutrisi yang dapat membantu mendukung kesehatan jantung Anda.

Lantas benarkah lemon bisa turunkan kolesterol dengan cepat? Jawabannya adalah bisa. Hal ini dikarenakan kandungan kaya akan vitamin C, serat, dan berbagai senyawa tumbuhan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk itu mencampur jus dua hingga tiga lemon dalam air setiap hari sudah cukup untuk menurunkan lipoprotein densitas rendah atau dikenal sebagai kolesterol 'jahat' serta menurunkan risiko penyakit jantung.

Menyadur dari Medical News Today, kandungan vitamin pada lemon yakni 58 gram bahkan mencapai 30 miligram atau bahkan lebih.

Selain itu, buah lemon juga mengandung flavanoids yang berfungsi sebagai antioksidan. Seperti yang diketahui, antioksidan mampu mengurangi radikal bebas yang merusak sel-sel di dalam tubuh.

Karena alasan itulah lemon dianggap sebagai salah satu buah yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Namun, penelitian mengenai hal ini masih terbatas dan belum menyediakan bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa lemon secara signifikan dapat menurunkan kolesterol dengan cepat.

Kendati demikian, dilansir dari Healthline sebuah analisis mengungkapkan konsumsi suplemen vitamin C secara signifikan dikabarkan bisa mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh hingga mencapai 7,9 mg/dL dan trigliserida darah sebesar 20,1 mg/dL.

Jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai salah satu komponen dalam upaya mengelola kolesterol, pastikan untuk memadukannya dengan langkah-langkah gaya hidup sehat lainnya, seperti pola makan rendah lemak jenuh, tinggi serat, olahraga teratur, dan menghindari rokok serta alkohol secara berlebihan.

Konsultasikan juga dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan nasihat yang tepat mengenai diet dan gaya hidup yang sesuai untuk kondisi kolesterol Anda.

Demikian jawaban dari pertanyaan Benarkan Lemon Bisa Turunkan Kolesterol dengan Cepat?

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut