get app
inews
Aa Read Next : Berikut 7 Artis Cantik Hollywood yang Punya Proporsi Tubuh Sempurna Menurut Hitungan Matematika

Bukan Hanya Sekedar Cantik, Ini 5 Keterampilan yang Harus Dimiliki Pramugari!

Kamis, 18 Mei 2023 | 06:45 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Seorang pramugari memang memberikan banyak keuntungan. Selain mendapat gaji yang cukup tinggi, seorang pramugari berkesempatan untuk mengunjungi berbagai tempat baru di penjuru dunia.

Namun, untuk bekerja sebagai pramugari tidak bisa diraih hanya dengan tubuh tinggi semampai, langsing, dan tampilan yang menarik, loh. Dibutuhkan kemampuan khusus untuk bisa berkarir di industri ini.

Menjadi seorang pramugari mungkin terlihat menyenangkan karena ikut terbang ke sana kemari menjelajahi daerah nusantara hingga keliling dunia. Jangan salah, pekerjaan sebagai pramugari tak semudah itu dan tentu saja wajib memiliki berbagai keterampilan.

Jadi untuk jadi awak kabin bukan hanya sekadar harus cantik dan punya tubuh tinggi langsing semampai, tapi juga harus menguasai beberapa keterampilan khusus untuk mendukung kinernya.

Para pramugari setiap harinya berhadapan dengan penumpang serta melayani sepenuh hati kebutuhan mereka. Untuk itu, tak bisa sekedar bermodal paras menawan atau penampilan menarik saja, melainkan butuh keterampilan mumpuni.

Agar lebih jelas lagi, berikut merupakan 5 keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pramugari!

1. Kemampuan bahasa Inggris

Seorang pramugari harus pandai berbahasa Inggris. Terang saja, walaupun dirinya bekerja di maskapai lokal, bukan berarti penumpang atau bahkan pilot dalam pesawat semuanya berkewarganegaraan Indonesia.

Tak menutup kemungkinan banyak penumpang mancanegara yang sedang berlibur di Indonesia. Oleh sebab itu keterampilan berbahasa Inggris sangat diperlukan.

2. Body Language

Body Language atau bahasa tubuh menjadi satu keterampilan yang tak boleh dilewatkan oleh pramugari. Ingat, pramugari dituntut untuk selalu bersikap ramah pada penumpang.

Bukan itu saja, salah satu tugas pramugari adalah menyampaikan peraturan terbang kepada penumpang. Mereka akan melakukannya dengan bahasa verbal maupun non verbal.

Bermodal body language yang baik, penumpang pun akan mudah mengerti maksud dari penjelasan sang pramugari.

3. Memadamkan Api

Tak ada yang tahu kapan musibah akan datang. Misalnya saja terjadi kebakaran kecil dalam pesawat, apa jadinya jika pramugari tak menguasai keterampilan memadamkan api? pasti suasana akan semakin kacau.

Itulah mengapa pramugari juga harus dibekali keterampilan memadamkan api dengan cepat sehingga penumpang pun bisa merasa kembali tenang.

4. Adaptasi dan Fleksibilitas

Keterampilan adaptasi dan fleksibilitas juga menjadi bagian dari pramugari.

Mereka memang terbiasa menerima jadwal penerbangan beberapa minggu sebelum lepas landas, tapi tak menutup kemungkinan para pramugari dituntut siaga dan siap ikut dalam penerbangan tertentu secara mendadak.

5. Berenang

Berenang termasuk keterampilan dasar yang harus dimiliki seorang pramugari. Tak menutup kemungkinan, pesawat bisa mengalami kendala dan mau tidak mau mendarat di air.

Karena itu lah, pihak maskapai pun mewajibkan kru kabin untuk bisa berenang sehingga tetap selamat dan bahkan ikut menyelamatkan penumpang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut