get app
inews
Aa Read Next : Gunung Semeru Banjir Lahar Dingin Sebabkan Sungai Regoyo Meluap Rendam Permukiran Warga

Deretan 7 Artis Indonesia yang Berasal Dari Jember Jawa Timur

Kamis, 27 April 2023 | 05:47 WIB
header img
Sumber foto okezone

JAKARTA,iNewsprobolinggo.id - Televisi terkadang dapat menjadi sumber inspirasi bagi sebagian orang. Menyiarkan berbagai program acara selama 24 jam, kita bisa melihat banyak artis atau publik figur yang lalu lalang memberikan hiburan dan informasi.

Dari televisi pula kita juga bisa melihat bagaimana kehidupan dari seorang artis yang sering digambarkan sebagai individu yang terkenal dan bergelimang harta. Terkadang, artis juga menjadi pusat perhatian dalam beberapa hal, seperti gaya berpakaian atau gaya hidup yang mereka jalani.

Deretan artis Indonesia asal Jember, Jawa Timur ini menuai sukses di industri hiburan Tanah Air. Beberapa menjadi penyanyi dan musisi ternama, sementara lainnya populer di dunia akting dan seni. Siapa saja mereka? Berikut ulasan Okezone. 

1.George Rudy

Aktor laga senior George Rudy lahir di Jember, Jawa Timur, 67 tahun silam dan menghabiskan masa remajanya di sana. Dia mulai berlatih karate saat duduk kelas 2 SMA dan jatuh cinta dengan cabang beladiri asal Jepang tersebut.

Di usia 19 tahun, George mulai hidup berpindah-pindah untuk mengajar karate di beberapa dojo di Surabaya, Kediri, dan Yogyakarta. Pada masa itu, dia kerap menghadiri turnamen beladiri di Jepang hingga akhirnya terjun ke dunia film pada 1977. 

2.Sujiwo Tejo

Artis Indonesia asal Jember selanjutnya adalah Sujiwo Tejo. Pria kelahiran Jember, 60 tahun silam ini meninggalkan kota asalnya untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun setelah lulus, pemilik nama asli Agus Hadi Sudjiwo tersebut justru memulai kariernya sebagai wartawan di salah satu koran terbesar di Indonesia. Profesi itu dilakoninya selama 8 tahun hingga dia terjun menjadi aktor, sastrawan, hingga penyanyi.

3.Anang Hermansyah

Anang Hermansyah, lahir di Jember, Jawa Timur, 54 tahun silam. Dia menghabiskan masa kecil hingga remajanya di kabupaten seluas 3.293 kilometer persegi itu hingga hijrah ke Surabaya untuk melanjutkan pendidikan atasnya, pada 1984. 

Di Kota Pahlawan itu, Anang mulai aktif bermusik dan semakin serius ketika kuliah di Universitas Islam Bandung. Saat hijrah ke Jakarta pada 1990, dia bergabung dengan Kidnap Katrina, band bentukan Massto, adik Bimbim Slank.

4.Dewi Perssik

Artis Indonesia asal Jember selanjutnya adalah pedangdut Dewi Perssik. Dia lahir di Jember, 36 tahun silam, dari ayah yang seorang pensiunan polisi. Ketertarikannya pada dunia seni sudah terlihat sejak usia 5 tahun.

Tak hanya berbakat nyanyi, Dewi juga bergabung dengan grup marching band sekolah dan menjadi mayoret saat duduk di sekolah dasar. Di usia remaja, dia berusaha hidup mandiri dengan menjadi guru ngaji dengan honor Rp15.000.

5.Opick

Aunur Rofiq Lil Firdaus alias Opick lahir di Jember, Jawa Timur, 49 tahun lalu. Dia tumbuh di keluarga sederhana dengan ajaran agama Islam yang begitu kental. Mafhum, kakeknya KH Abdul Mukti merupakan kiai yang cukup terpandang di kampungnya.

Setelah merampungkan pendidikan atas, Opick memutuskan hijrah ke Jakarta, pada 1990. Dia kemudian membentuk Timor Band dan merilis album rock ‘Nyanyian Perjalanan’. Karena tak mendapat respons baik, dia memilih bersolo karier dan menjajal musik religi yang membuatnya dikenal luas seperti saat ini.

6.Riza Shahab

Artis Indonesia asal Jember selanjutnya adalah aktor Riza Shahab. Dia lahir di Jember, 33 tahun silam dan menghabiskan masa kecilnya di sana. Di usia 19 tahun, dia mulai menjajal dunia akting dan membintangi sederet judul FTV.

Namun karier aktingnya mandek setelah terjerat kasus narkoba, pada April 2018. Dia kemudian memutuskan membuka sebuah kedai kopi di Jember. Lewat Instagram, dia kerap membagikan kesibukannya saat meracik di kedai kopi tersebut.

7.Tiara Andini

Terakhir, ada penyanyi muda Tiara Andini yang lahir di Jember, Jawa Timur, 21 tahun silam. Dia menghabiskan masa kecilnya di kabupaten tersebut hingga lulus dari SMA Muhammadiyah 3 Jember, pada 2020.

Sulung dari tiga bersaudara ini memulai kariernya sebagai penyanyi setelah lulus dari Indonesian Idol. Kini, dia tercatat sebagai salah satu penyanyi muda dengan deretan lagu hits, seperti Menjadi Dia, Merasa Indah, hingga Usai.*

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut