get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal AFC 2024, Ini Sejumlah Tempat Nobar Timnas Indonesia di Probolinggo

Timnas Indonesia Tidak Diundang Piala Merdeka 2023, Ini Alasannya

Jum'at, 20 Januari 2023 | 16:20 WIB
header img
Timnas Indonesia Tidak Diundang Piala Merdeka 2023 (foto : iNewsProbolinggo.id/PSSI) (Sumber : okezone)

MALAYSIA, iNewsProbolinggo.id - Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) akan menggelar Piala Merdeka 2023, banyak tim-tim dari Asia Barat dan Asia Tenggara yang diundang untuk mengikuti ajang tersebut. Namun tidak dengan Indonesia.

Tidak diundangnya Indonesia itu dimungkinkan karena pada ranking FIFA, Indonesia berada 6 tingkat dibawah Malaysia. Dimana Malaysia berada di peringkat 145, sementara Indonesia diperingkat ke 151.

Dan yang diundang adalah negara yang peringkatnya diatas dari Malaysia. Dilansir dari media Malaysia, Metro, negara Asia Barat yang kabarnya bakal diundang adalah Suriah dan Palestina, yang berada di peringkat ke-90 dan 93 ranking FIFA.

Kemudian Vietnam (peringkat ke-96) dan Thailand (peringkat ke-111). Kesemuanya merupakan negara yang peringkatnya di atas Malaysia. 

Mungkin inilah alasan mengapa Timnas Indonesia tidak diundang dalam kejuaraan itu. Sebab, skuad asuhan Shin Tae-yong, per data resmi terakhir yang dirilis FIFA pada Desember 2022 lalu, ada di peringkat ke-151, alias enam tingkat di bawah Malaysia.

Peringkat itu pun gagal diperbaiki menyusul raihan minim di Piala AFF 2022 lalu. Meskipun tak termasuk dalam agenda FIFA, namun tampil baik di Piala AFF juga memengaruhi peringkat dunia bagi tim pesertanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut