get app
inews
Aa Read Next : Soal Tambang Yang Dihentikan Warga, Ini Kata Kades Klampokan Besuk

Tidak Adanya PPNS di Kabupaten Probolinggo, Picu Minimnya Hasil Retribusi Pajak Tambang

Kamis, 19 Januari 2023 | 19:51 WIB
header img
Coffee Morning Bersama Wartawan, iNewsProbolinggo.id/Rifan

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kabupaten Probolinggo memiliki luas kurang lebih 1.696,17 kilometer dengan potensi alam yang sangat kaya mulai dari laut, daratan dan pegunungan.

Dengan adanya pembangunan jalan tol di Kabupaten Probolinggo, bermunculan para penambang yang telah berizin atau legal maupun ilegal. 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Probolinggo, David P. Duarsa menyebutkan, lebih dari 10 penambang sudah mengantongi izin beroperasi. Namun hasil penelitian pihaknya, pembayaran retribusi pajak tambang ke pemerintah daerah tidak dibayarkan sesuai target. 

"Sebagai contoh ada penagihan yang nilainya mencapai satu miliar rupiah, ternyata dalam satu tahun yang ditargetkan satu miliar hanya dibayar dua puluh juta saja, bahkan sepuluh juta tetap diterima pemerintah daerah", ungkap Kajari saat Coffee Morning bersama wartawan, Kamis (19/1/2023). 

Menurut David, regulasi yang tidak pas dan tidak kuat, serta hanya mengandalkan regulasi Provinsi Jawa Timur, menjadi salah satu faktor pemerintah daerah tidak bisa melakukan penekanan soal retribusi pajak. 

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut