get app
inews
Aa Read Next : Dua Anggota Polri Harumkan Indonesia Lewat Timnas U-23

10 Daerah Penghasil Batik Terpopuler di Indonesia

Selasa, 30 April 2024 | 12:29 WIB
header img
Daerah penghasil batik di Indonesia (foto : iNewsProbolinggo.id/iNews.id)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Indonesia kaya akan kerajinan batik, dan setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri. Berikut 10 daerah penghasil batik terpopuler di Indonesia, beserta keunikan motif dan budayanya:

1. Pekalongan: Dikenal sebagai "Kota Batik", Pekalongan menawarkan motif batik yang beragam dengan warna-warna cerah dan berani. Motif terkenal seperti batik Pekalongan, batik Lasem, batik Jlamprang, dan batik Megamendung.

2. Solo: Batik Solo identik dengan batik keraton yang bercorak halus dan elegan, sering menggunakan simbol kerajaan seperti motif parang, kawung, dan lidah api. Motif terkenal seperti batik Soga, Parang, Kawung, dan Sidomukti.

3. Yogyakarta: Batik Yogyakarta terkenal dengan batik kraton Yogyakarta yang bercorak klasik dan penuh filosofi, banyak menggunakan motif alam seperti parang, kawung, dan batik parang rusak. Motif terkenal seperti batik Parang Rusak, Kawung, Truntum, dan Slobog.

4. Cirebon: Batik Cirebon memiliki motif yang beragam dan penuh makna, dipengaruhi budaya Tionghoa, Arab, dan Jawa. Motif terkenal seperti batik Mega Mendung, batik Cirebon, batik Pekalongan, dan batik Trusmi.

5. Tulungagung: Batik Tulungagung memiliki motif yang khas dan unik, banyak menggunakan motif alam seperti parang, kawung, dan batik trengguling. Motif terkenal seperti batik Tulungagung, batik Parang, dan batik Kawung.

6. Madura: Batik Madura terkenal dengan motif yang berani dan penuh warna, banyak menggunakan motif binatang seperti bebek, burung, dan batik parang. Motif terkenal seperti batik Gentongan, batik Madura, batik Pekalongan, dan batik Tanjung Bumi.

7. Jambi: Batik Jambi memiliki motif yang unik dan penuh makna, banyak menggunakan motif alam seperti batik Merang, batik Sawit, dan batik Bunga Tembesi. Motif terkenal seperti batik Merang, Sawit, dan Bunga Tembesi.

8. Banjarmasin: Batik Banjarmasin memiliki motif yang khas dan unik, banyak menggunakan motif alam seperti batik Kalangan, batik Banjar, dan batik Banjarmasin. Motif terkenal seperti batik Kalangan, batik Banjar, dan batik Banjarmasin.

9. Bali: Batik Bali terkenal dengan motif yang indah dan penuh warna, banyak menggunakan motif alam seperti batik Bali, batik Celuk, dan batik Singaraja. Motif terkenal seperti batik Bali, batik Celuk, dan batik Singaraja.

10. Papua: Batik Papua memiliki motif yang unik dan penuh makna, banyak menggunakan motif alam seperti batik Mambruk, batik Ukiran, dan batik Sentani. Motif terkenal seperti batik Mambruk, batik Ukiran, dan batik Sentani.

Batik dari daerah-daerah ini memiliki pesona tersendiri, merepresentasikan kekayaan budaya Indonesia yang patut dilestarikan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut