get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

95,30 Persen Penduduk Tercover BPJS,  Kabupaten Probolinggo Raih Predikat UHC

Selasa, 29 November 2022 | 18:33 WIB
header img
Penghargaan UHC diberikan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Dyah Miryanti (kanan) kepada Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko (foto : zainul rifan/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kabupaten Probolinggo menyandang predikat Universal Health Coverage (UHC), dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Penghargaan itu, resmi didapat setelah 95,30 persen penduduknya telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Diketahui, jumlah penduduk Kabupaten Probolinggo sendiri sebanyak 1.158.447 jiwa, dan yang sudah terdaftar di JKN sebanyak 1.103.978 jiwa.

Pemberian penghargaan tersebut diselenggarakan di halaman Kantor Bupati Probolinggo, di mana bertepatan pada acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022, Pada  Selasa (29/11/2022).

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko mengatakan, kalau pencapaian tersebut tidak lepas dari peran serta semua pihak. Dan ini, merupakan bukti keseriusan Pemkab Probolinggo terhadap kesehatan masyarakat setempat.

"Dengan predikat ini, nanti semua masyarakat yang mengurus pengaktifan BPJS tidak perlu menunggu lama lagi. Bisa langsung diproses," terangnya. 

Timbul menjelaskan, kalau pihaknya terus bersinergi dan kolaborasi untuk mempertahankan capaian UHC yang telah diraih saat ini.

"Dan tentunya, terus berupaya melakukan peningkatan hingga capaian tertinggi, yaitu 100 persen," ucapnya.

Disamping itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo dr. Shodiq Tjahjono mengatakan, kalau tahun ini pihaknya mendapat kesempatan sebanyak 16 ribu jiwa, untuk didaftarkan menjadi peserta BPJS.

"Setiap tahun kita tambah, dan ini bertahap. Semoga nanti bisa tercapai 100 persen," katanya.

Sementara Kepala BPJS Kesehatan, Cabang Pasuruan dr Dyah Miryanti mengucapkan selamat atas predikat UHC, yang diraih Pemkab Probolinggo. Dan itu merupakan kabupaten ketiga yang telah mencapai UHC, dari empat kota/kabupaten yang masuk dalam wilayah kerja Cabang Pasuruan. 

Sejatinya, UHC Pemkab Probolinggo sempat mengalami penurunan kepesertaan pada September 2022. Namun karena komitmen, Pemkab setempat bisa kembali UHC kembali per 1 November 2022 ini.

"Tentunya ini bukan hal mudah, bagi Pemkab Probolinggo yang penduduknya lebih dari satu juta jiwa untuk bisa mencapai angka 95,30 persen tersebut," paparnya. 

Dyah menambahkan, kalau saat ini dari jumlah 1.158.447 jiwa itu, yang belum tercover hanya tersisa 54.449 jiwa. Yang dimana nanti tetap diupayakan untuk bisa tercover oleh BPJS, sehingga bisa tercapai 100 persen.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut