get app
inews
Aa Read Next : Buah Penurun Kolesterol yang Wajib Dikonsumsi

Pastikan Petugas TPS Sehat, Polda Jatim Beri Bantuan Kesehatan Gratis

Kamis, 15 Februari 2024 | 20:51 WIB
header img
Pemberian bantuan kesehatan di RS (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Polda Jatim memberikan bantuan kesehatan gratis terhadap seluruh petugas TPS yang sedang melaksanakan tugas pemungutan dan penghitungan suara di pemilu 2024. Hal itu dilakukan guna memastikan petugas sehat setelah melaksanakan tugasnya.

Bantuan kesehatan diberikan kepada para petugas mulai dari KPPS, TNI, Polri, dan Linmas yang turut bertugas saat pemilu. 

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabiddokkes) Polda Jatim, Kombes Pol dr. Erwin Zainul Hakim mengatakan jika pada pemeriksaan ini pihaknya bekerjasama dengan seluruh Dinkes kabupaten/kota se-Jawa Timur. 

"Kami melakukan pemeriksaan kesehatan kepada seluruh petugas pengamanan TPS," katanya, Kamis (15/2/2024)

Pada saat pelaksanaannya, Lanjut Erwin, petugas yang kedapatan menderita sakit serius tersebut langsung diganti. Mereka segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk dilakukan perawatan. 

Jika pada saat perawatan yang bersangkutan belum mencoblos, maka pihaknya bekerjasama dengan KPU dan Bawaslu serta saksi di TPS untuk bisa memberikan fasilitas pencoblosan. Termasuk keluarga yang berjaga. 

"Kami juga lakukan Patroli kesehatan, home visit, Hospital Visit, telemedicine untuk petugas pengamanan TPS dengan melibatkan 8 RSB se Jawa Timur dan 46 FKTP Polri di Polda Jatim," jelasnya.

Selain itu, guna mempermudah dan mempercepat pelayanan kesehatan dari Biddokkes Polda Jatim, pihaknya juga menggunakan inovasi berbasis digital dengan menggunakan Aplikasi Pamkes Pemilu Jawa Timur 2024.

"Ini untuk memonitor petugas TPS yang mana pada Aplikasi ini ada fitur Panic Button, Tele medicine / Konsultasi kesehatan dan peta faskes rujukan," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut