Logo Network
Network

Proses PAW Terhadap Wijayanti, Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Telah Rampung

Zainul Rifan
.
Jum'at, 25 November 2022 | 17:37 WIB
Proses PAW Terhadap Wijayanti, Sebagai Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Telah Rampung
Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo Agus Hariyanto Adinata (tengah) bersama tim melakukan penelitian berkas PAW Wijayanti (foto: Zainul Rifan/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Proses Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo atas nama Wijayanti Kusuma Dewi telah rampung. Wijayanti bakal diganti oleh Tutik Susilowati. 

Sekedar informasi, Wijayanti merupakan politisi dari Fraksi Nasdem dan meninggal dunia, sebelum habis masa jabatannya sebagai anggota dewan. 

Bersangkutan meninggal dunia, saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Mohamad Saleh, Kota Probolinggo beberapa waktu lalu. 

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Divisi Teknis Agus Hariyanto Adinata mengatakan, kalau pihaknya sudah melakukan pleno dan berkirim surat ke DPRD, untuk nantinya dilakukan pelantikan terhadap Tutik sebagai PAW dari Wijayanti. 

Tutik mendapat 1.446 suara pada pemilihan yang berlangsung di Kecamatan Leces, Banyuanyar dan Tegal Siwalan. Sedangkan Wijayanti, mendapatkan 4.769 suara.

"Harusnya Usman yang menggantikan, dengan perolehan suara 3.218 dibawah Wijayanti. Tetapi karena Usman meninggal, maka diganti Tutik," terangnya. Jum'at (25/11/2022)

Agus mengungkapkan, kalau pada proses PAW Wijayanti sempat tersendat, karena pada pemeriksaan berkas yang dilakukan olah pihak KPU pada Senin (21/11/2022), Ternyata Tutik diketahui masih belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). 

Oleh karenanya, proses pleno sempat tertunda menunggu LHKPN dari Tutik. Hingga akhirnya Tutik melapor dan KPU segera melakukan pleno, terhadap Tutik yang sebagai PAW dari Wijayanti.

"Surat kami sudah diterima oleh DPRD, dan nantinya tinggal menunggu proses pelantikannya," jelasnya melalui pesan singkat whatsapp.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Bagikan Artikel Ini