get app
inews
Aa Read Next : Aktif Dalam Pemberitaan Saat Pemilu, Forum Mitra Media Polres Probolinggo Diganjar Penghargaan

DPT Kabupaten Probolinggo untuk Pemilu 2024, Mengalami Penurunan Dibanding 2019 Lalu

Minggu, 25 Juni 2023 | 04:51 WIB
header img
Rapat pleno terbuka, rekapitulasi DPT 2024 (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo menetapkan Daftar Pemilihan Tetap (DPT), pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang mencapai 878.770 pemilih. Jumlah tersebut berkurang dari Pemilu 2019 lalu, yang mencapai 884.636 pemilih.

Komisioner KPU Divisi Data, Zamroni menuturkan, jumlah penurunan DPT pada Pemilu mendatang terbilang cukup banyak dibandingkan Pemilu 2019 lalu. Ia pun meyakini, adanya penurunan jumlah DPT tidak terlepas dari banyaknya warga yang berpindah domisili ke daerah lainnya.

"Kalau menurut saya, karena faktor perpindahan penduduk dan Pandemi Covid-19 yang pernah terjadi, sehingga ada penurunan dengan selisih 5.866 DPT," katanya, Sabtu (24/6/2023)

Selain itu, pada Pemilu mendatamg, tercatat 2.974 DPT yang terdata sebagai pemilih baru. Selain itu, ada juga pemilih potensial non KTP yang jumlahnya cukup banyak, mencapai 22.350.

"Pemilih potensial non KTP elektronik ini, cukup banyak. Data ini merupakan warga yang pada saat pemilihan nanti, telah berusia 17 tahun," ucapnya.

Roni menjelaskan, kalau terbentuknya DPT tidak lepas dari proses dan tahapan yang dilakukan pihaknya sejak tahun lalu. Mulai dari proses coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), lalu proses pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

"Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), dan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) akhir," jelasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut