get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Fasilitas Umum Perumahan di Kota Probolinggo Jadi Pantauan KPK

Jum'at, 14 Oktober 2022 | 14:10 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Sejumlah fasilitas umum perumahan yang ada di Kota Probolinggo, menjadi pantauan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini terungkap, saat Komisi III DPRD setempat menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP). 

"Fasilitas umum (Fasum) perumahan yang ada di Kota Probolinggo, kini menjadi pantauan KPK," terang Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Probolinggo, Setiorini Sayekti, Jumat (14/10/2022). 

tandasny

Ia menjelaskan, keberadaan fasum tersebut menjadi pantauan KPK, karena memiliki nilai aset milik Pemkot Probolinggo. 

Bahkan PUPR Kota Probolinggo, kini sudah melakukan identifikasi terhadap keberadaan Fasum perumahan, untuk segera diserahkan sebagai aset milik pemerintah. Termasuk juga Fasum perumahan Kopian Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan. 

"Kita akan melakukan pendataan terhadap semua keberadaan Fasum, karena itu harus segera diserahkan untuk menjadi aset milik Pemkot," katanya. 

Saat RDP tersebut, terungkap jika sebagian lahan atau tanah fasum di Perumahan Kopian itu, menjadi Sertifikat Hak Milik (SHM). "Itu ada mikanisnenya. Kalau tanah itu sebagai Fasum, ya harus segera diserahkan ke Pemkot," tandasnya. 

Sementara Ketua Komisi III, Agus Riyanto menjelaskan, jika status fasum itu masih belum menjadi aset milik pemerintah, maka tidak bisa mendapatkan anggaran APBD, seperti pembangunan paving.

"Itu tidak bisa mendapatkan dana APBD, karena masih belum menjadi aset milik pemerintah," tandasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut