get app
inews
Aa Read Next : Menyambut Malam Lailatul Qadar 2024: Keistimewaan, Amalan, dan Tanda-tandanya

5 Amalan Yang Wajib Anda Ketahui di Hari Jum’at

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 07:01 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Di hari Jumat, selain ada kewajiban bagi laki-laki untuk menjalankan salat Jumat, ada banyak amalan lain yang bisa dikerjakan termasuk dapat juga dilakukan oleh kaum hawa.

Amalan-amalan tersebut juga termasuk ke dalam ibadah sunah. Apa saja amalan hari Jumat tersebut? Simak beberapa di antaranya.

1. Perbanyak Sholawat

Jika di hari biasa saja akan mendatangkan pahala, maka membaca selawat saat hari Jumat akan dilipat gandakan pahalanya sebagai amalan hari Jumat.

Bukan hanya pahala, Rasulullah SAW juga menjanjikan posisi yang dekat dengan beliau saat hari kiamat yang tentunya amat diinginkan oleh kaum muslimin.

Rasulullah SAW bersabda:

“Perbanyaklah selawat kepadaku pada setiap hari Jumat. Karena selawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jumat.

Barang siapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti,” (HR Al-Baihaqi).

 

2. Perbanyak Zikir dan Doa

Ini adalah amalan hari Jumat yang bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk laki-laki dan perempuan.

Zikir adalah mengingat Allah yang meski bisa dikerjakan kapan saja, namun ada baiknya hal tersebut juga diperbanyak untuk dilakukan pada hari Jumat.

Ada banyak manfaat berzikir yang dilakukan pada hari Jumat.

Ini pun mendapat penjelasan dalam Alquran saat Allah SWT berfirman: “Wahai orang-orang yang beriman, jika kalian diseru untuk salat pada hari Jumat, maka bersegeralah mengingat Allah…,” (Al Jumu’ah: 9).

Terkait dengan memperbanyak doa, Rasulullah SAW bersabda:

“Pada hari itu ada saat yang tidaklah seorang hamba muslim bertepatan dengannya dalam keadaan dia berdiri salat yang ia meminta sesuatu kepada Allah SWT melainkan akan dikabulkan oleh-Nya,” (HR Bukhari).

3. Perbanyak Sedekah dan Membaca Alquran

Kaum perempuan juga bisa mendapatkan keutamaan hari Jumat tidak kalah dengan laki-laki yang mengerjakan salat Jumat.

Misalnya dengan meningkatkan jumlah rakaat salat sunah, memperbanyak sedekah, menambah bacaan Alquran, lebih banyak menolong sesama, dan sebagainya.

Imam Ja’far Shadiq berkata:

“Malam dan hari Jumat itu memiliki hak, maka jangan menyia-nyiakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal saleh dan tinggalkan semua yang haram.

Karena di dalamnya Allah telah melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan dan mengangkat derajat.

Hari Jumat sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan sholat.

Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia."

4. Pakai Pakaian Terbaik dan Gunakan Wewangian

Rasulullah SAW mendorong umatnya untuk membeli pakaian terbaik agar bisa dikenakan pada hari yang istimewa, yakni hari Jumat. Beliau bersabda:

“Wajib bagi kalian membeli 2 buah pakaian untuk salat Jumat, kecuali pakaian untuk bekerja,” (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, dinilai shahih oleh Al Albani).

Terkait dengan wewangian, Rasulullah SAW juga bersabda:

“Barang siapa yang mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu salat sesuai dengan kemampuan dirinya.

Dan ketika imam memulai khutbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jum’at berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Selain menjadi amalan hari Jumat, wewangian juga dapat digunakan sebagai agen penghilang stres, menurut penelitian yang ada di jurnal Chemical Sense.

Ini juga akan meingkatkan mood saat digunakan dalam beribadah, dan memberi semangat saat melakukannya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut