get app
inews
Aa Read Next : Perbedaan Nuzulul Quran dan Lailatul Qadar: Penjelasan Lebih Mendalam

Menyambut Malam Lailatul Qadar 2024: Keistimewaan, Amalan, dan Tanda-tandanya

Senin, 25 Maret 2024 | 14:27 WIB
header img
Sumber foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam. Malam yang lebih baik dari seribu bulan ini diyakini sebagai malam turunnya Al-Quran dan dilipatgandakannya pahala. Di tahun 2024, malam Lailatul Qadar diperkirakan jatuh pada malam ganjil di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, yaitu pada tanggal:

  • 21 Ramadhan (1 April 2024)
  • 23 Ramadhan (3 April 2024)
  • 25 Ramadhan (5 April 2024)
  • 27 Ramadhan (7 April 2024)
  • 29 Ramadhan (9 April 2024)

Meskipun tanggal pastinya tidak diketahui, umat Islam dianjurkan untuk menghidupkan malam-malam tersebut dengan berbagai amalan. Berikut beberapa amalan yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar:

1. Shalat Malam (Tahajud)

Shalat tahajud merupakan salah satu amalan utama yang dianjurkan pada malam Lailatul Qadar. Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang shalat malam di malam Lailatul Qadar dengan penuh keimanan dan pengharapan, diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Membaca Al-Quran

Membaca Al-Quran merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan, terlebih pada malam Lailatul Qadar. Membaca Al-Quran dengan penuh tadabbur dan merenungkan maknanya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

3. Memperbanyak Doa dan Dzikir

Malam Lailatul Qadar merupakan waktu yang tepat untuk memperbanyak doa dan dzikir kepada Allah SWT. Doa dan dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

4. Meminta Ampunan atas Dosa-dosa

Malam Lailatul Qadar merupakan malam penuh ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak istighfar dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu.

5. Bersedekah

Bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Ramadhan, terlebih pada malam Lailatul Qadar. Bersedekah dapat membersihkan harta dan meningkatkan pahala di sisi Allah SWT.

6. Melakukan Itikaf (Berdiam Diri) di Masjid

Itikaf adalah berdiam diri di masjid dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itikaf dapat dilakukan pada malam Lailatul Qadar untuk meningkatkan kekhusyu'an dan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar:

  • Lebih baik dari seribu bulan: Amalan yang dilakukan pada malam Lailatul Qadar pahalanya dilipatgandakan seperti pahala amalan selama seribu bulan.
  • Malam turunnya Al-Quran: Dipercaya bahwa pada malam Lailatul Qadar, Allah SWT menurunkan Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW.
  • Malam penuh rahmat dan ampunan: Allah SWT melimpahkan rahmat dan ampunan kepada hamba-Nya yang beriman dan beramal sholeh pada malam Lailatul Qadar.
  • Malam ketenangan dan kedamaian: Pada malam Lailatul Qadar, malaikat turun ke bumi membawa ketenangan dan kedamaian bagi umat manusia.

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar:

  • Langit cerah dan terasa sejuk
  • Malam terasa lebih panjang dari malam-malam lainnya
  • Hati terasa tenang dan damai
  • Munculnya cahaya di langit

Meskipun tanda-tanda di atas tidak selalu muncul, namun umat Islam dapat merasakannya dengan kepekaan hati dan keimanan yang kuat.

Marilah kita manfaatkan malam-malam penuh berkah ini dengan memperbanyak amalan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga kita mendapatkan keistimewaan dan pahala yang berlimpah pada malam Lailatul Qadar 2024.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut