get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Ponpes Kanjeng Sunan Kalijogo, Probolinggo Ajarkan Metode Cepat Menghafal Alqur'an

Minggu, 24 Juli 2022 | 00:01 WIB
header img
Ponpes Kaanjeng Sunan Kalijogo Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran. (dok. Pesantren)

Sutikno menjelaskan, kalau kegiatan di Ponpes dimulai sejak pukul 03.00 WIB. Di jam itu, para santri dibangunkan untuk melaksanakan sholat tahajud dan berzikir menunggu subuh. Setelah sholat subuh, dilanjutkan dengan mengaji, lalu istirahat sejenak sebelum masuk ke sekolah pada pukul 07.00 WIB.

Karena lokasi sekolah yang ada di Ponpes pusat, maka santri yang berada di Ponpes 2 dan 3 dijemput dan diantar kembali setelah selesai sekolah, pukul 12.30 WIB. Dimana kemudian dilanjut sholat dzuhur, ngaji, kegiatan, dan belajar bersama hingga dipersilahkan beristirahat serentak pada pukul 21.15 WIB. 

"Pada keesokan harinya, seperti biasa dibangunkan pada pukul 03.00 WIB untuk tahajud dan kegiatan hingga istirahat tidur pada pukul 21.15 WIB, begitu seterusnya," katanya.

Untuk memaksimalkan kegiatan tersebut Ponpes dibantu oleh 40 orang pengurus, baik pengurus putra maupun putri yang terdiri dari beberapa biro. Meliputi Biro Administrasi Pesantren, Biro Keuangan, Biro Pendidikan, Biro Kepesantrenan, Biro Humas & IT, Biro Sarana & Prasrana, Biro kesehatan, Biro usaha, dan Biro keamanan

"Harapannya, pondok dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang cinta alqur'an. Karena visinya membentuk generasi santri yang qur'ani," ujarnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut