get app
inews
Aa
Read Next : Isi Kekosongan Untuk Pelayanan, Pemdes Kedungsumur Lantik Dua Kasun

Ponpes Kanjeng Sunan Kalijogo, Probolinggo Ajarkan Metode Cepat Menghafal Alqur'an

Minggu, 24 Juli 2022 | 00:01 WIB
header img
Ponpes Kaanjeng Sunan Kalijogo Desa Sogaan Kecamatan Pakuniran. (dok. Pesantren)

PROBOLINGGO, iNews.id - Di Kabupaten Probolinggo terdapat sebuah pondok pesantren (Ponpes) yang memfokuskan santrinya, untuk menghafal Alqur'an. Pondok tersebut, bernama Ponpes Kanjeng Sunan Kalijogo, berlokasi di Dusun Siem, Rt 6, Rw 4 Desa Sogaan, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo. 

Ponpes yang memiliki kurang lebih 256 orang santri dan santriwati itu, mempunyai visi membentuk santri yang Alqur'ani. Sesuai visinya, setiap selesai sholat 5 waktu, santri diharuskan membaca Alqur'an sebanyak 5 juz atau 1 juz, setiap satu waktu sholat wajib. 

Sehingga dalam kurun waktu seminggu, para santri sudah bisa mengkhatam Alqur'an. Metode itu, dilakukan agar santri terbiasa membaca dan mudah menghafal Alqur'an. 

Meski fokus pada Alqur'an, Ponpes setempat turut menyediakan sekolah formal bagi santrinya. Yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahfidz Ahmad Syarifudin dan Madrasah Aliyah (MA) Tahfidz Ahmad Syarifudin. 

Termasuk juga, baru membuka Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Qur'an Kalijaga. Dan direncanakan, akan membuka Taman Kanak-Kanak (TK) Qur'an Kalijaga serta Sekolah Dasar Qur'an Kalijaga.

Sehingga sejak usia dini, santri sudah bisa belajar Alqur'an hingga bisa menghafal Alqur'an, sebelum lulus dari MA. Meskipun, sudah ada beberapa santri yang mondok ketika sudah lulus MA dan fokus menghafal Alqur'an.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut