Ingin THR Lebih Bermanfaat, Ini Tipsnya

andie

JAKARTA, iNews.id – Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi hal yang paling ditunggu setiap pekerja menjelang perayaan Idul Fitri. THR yang diberikan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam merayakan hari raya keagamaan.

Ketika menerima THR jangan lupa untuk digunakan dengan baik. Jika salah dalam menggunakan THR, Anda bisa saja mengalami kesulitan keuangan setelah Lebaran. Mau tau cara mengatur THR?

Co-Founder dari Lifepal.co.id Benny Fajarai membagikan empat tips yang dapat berguna dalam memastikan THR dipergunakan dengan cara yang semestinya agar keuangan tetap sehat.

1. Buat Alokasi Pengeluaran

Keuangan yang sehat tergantung dari seberapa baiknya kita dalam mengatur pengeluaran. Kunci dalam mengatur alokasi pengeluaran itu adalah kita harus tahu mana pengeluaran yang prioritas dan mana yang tidak.

Perlu diingat, bukan hanya THR saja yang diterima di bulan ini, tetapi juga gaji bulanan. Artinya pemasukan yang terima dobel di bulan ini. Nah agar memastikan pemasukan tersebut digunakan dengan bijak, bisa mengatur pengeluaran menggunakan rumus 50/30/20.

Yaitu sekitar 50 persen untuk kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk bayar utang (apabila ada) atau kebutuhan pribadi, dan 20 persen lagi buat ditabung ataupun investasi.

Apabila alokasi sudah terpenuhi, kita tinggal mengalokasikan uang THR ke kebutuhan belanja hari raya sebesar 50 persen. Sisanya dapat kamu simpan dan digunakan kalau sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Bereskan Utang yang Ada

Sebelum belanja buat kebutuhan Lebaran, ada baiknya dibereskan dulu utang-utang yang ada agar bisa tenang saat hari raya nanti. Biasanya kita bakal sibuk dan repot dalam mempersiapkan hari raya, ada kemungkinan lupa untuk bayar cicilan.

3. Berinvestasi

Setelah bayar utang ataupun disisihkan sebagai tabungan, investasi juga bisa menjadi salah satu pilihan ketika mendapatkan THR. Memilih investasi yang tepat dapat menjadi langkah penting sebagai langkah antisipatif terhadap risiko-risiko yang kemungkinan terjadi bisa ditanggulangi.

Banyak pilihan investasi yang bisa kamu pilih selama bulan Ramadan ini. Apabila ingin memilih investasi yang aman, bisa berinvestasi di deposito dengan bunga rata-rata 6 persen setahunnya.

Apabila mengincar profit yang lebih besar dengan tentunya resiko yang lebih besar juga, bisa mempertimbangkan untuk menempatkan dana dengan berinvestasi di saham.

4. Ambil Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan penting dan dibutuhkan saat mudik. Kalau terjadi apa-apa, keuangan bisa terlindungi dengan dana asuransi. Dikarenakan resiko tersebut ditanggung dan menjadi ketentuan yang harus dipenuhi perusahaan asuransi dalam melindungi peserta asuransi.

Premi asuransi perjalanan itu tidak terlalu besar. Biasanya tidak sampai Rp100 ribu sudah dapat perlindungan terhadap barang-barang pribadi, perawatan medis, hingga pemberian santunan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network