PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Polres Probolinggo terus berupaya memaksimalkan layanan melalui hotline 110. Hanya saja terkadang layanan tersebut dihubungi oleh orang yang tidak bertanggung jawab, artinya laporan yang dibuat tidak jelas.
Kasi Humas Polres Probolinggo Iptu Merdhania Pravita Shanty mengatakan, proses pelaporan ataupun pengaduan melalui hotline 110 itu dapat diakses oleh semua masyarakat seluruh Indonesia dan secara otomatis akan masuk ke polres terdekat.
Hanya saja, beberapa kali Polres Probolinggo menerima laporan tidak jelas. Di mana penelpon saat diminta masuk ke tahapan selanjutnya atau diminta menekan angka yang telah ditentukan, justru mematikan secara sepihak.
"Karena ketika sudah menekan angka yang telah ditentukan, maka secara otomatis akan muncul identitas penelpon," terangnya, Rabu (11/6/2025)
Tercatat selama bulan Mei 2025 saja petugas telah menerima 447 laporan tidak jelas tersebut. Karena itu, laporan dianggap masih prematur dan belum lengkap siapa pelapor dan apa yang akan dilaporkan.
Namun di bulan Mei 2025 juga pihaknya sudah menerima 4 laporan dan berhasil ditindaklanjuti. Diantaranya adalah tindak pidana pengancaman, balap liar, dan penipuan. Laporan tersebut langsung dilanjutkan kepada petugas di lapangan.
"Untuk tindak pidana langsung diarahkan kepada polsek terdekat, sementara untuk balap liar petugas Sat Sabara regu patroli langsung mendatangi lokasi sesuai laporan," paparnya.
Vita berharap kepada masyarakat untuk memanfaatkan layanan hotline 110 dengan baik dan benar, serta tidak lagi membuat laporan karena iseng dan lain sebagainya. Silahkan melapor jika ada sesuatu yang perlu dilaporkan dengan catatan laporan valid.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait