Kuliner Unik Khas Probolinggo yang Wajib Dicoba

Angga/iNewsProbolinggo.id
Pecel salah satu kuliner yang harus di coba (foto : iNewsprobolinggo.id/Okezone)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Probolinggo terkenal dengan berbagai macam kuliner lezat dan unik. Berikut beberapa rekomendasi kuliner unik khas Probolinggo yang wajib Anda coba:

1. Nasi Jagung Merpati:

Hidangan nasi jagung khas Probolinggo yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah, disajikan dengan lauk seperti ikan asin, tempe goreng, dan sambal terasi. Rasanya gurih dan mengenyangkan.

2. Ketan Ketarok:

Ketan hitam yang dimasak dengan santan dan gula merah, disajikan dengan parutan kelapa muda dan taburan wijen. Rasanya manis legit dan cocok dinikmati sebagai camilan.

3. Rujak Cingur:

Hidangan salad khas Jawa Timur yang terdiri dari irisan cingur (hidung sapi), irisan buah-buahan seperti mangga muda, mentimun, dan nanas, disiram dengan bumbu kacang pedas. Rasanya segar dan pedas.

4. Rawon Nguling:

Hidangan rawon khas Probolinggo yang terkenal dengan kuah hitamnya yang terbuat dari kluwek dan daging sapi yang empuk. Rasanya gurih dan sedikit pahit.

5. Soto Kraksaan:

Soto khas Probolinggo yang terbuat dari daging sapi, bihun, dan tauge, disiram dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan segar. Rasanya khas dan berbeda dengan soto pada umumnya.

6. Nasi Campur Nyak Nyong:

Hidangan nasi campur khas Probolinggo yang terdiri dari nasi putih, serundeng, empal kuah, mie, dendeng, dan disiram dengan kuah santan yang kental dan sedikit sambal. Rasanya gurih dan pedas.

7. Kepiting Olok:

Kepiting khas Probolinggo yang dimasak dengan bumbu pedas dan rempah-rempah, menghasilkan rasa pedas dan gurih yang meresap ke dalam daging kepiting.

8. Es Dawet Ireng:

Minuman segar khas Probolinggo yang terbuat dari tepung beras hitam, santan, gula merah cair, dan es serut. Rasanya manis legit dan menyegarkan.

9. Sirup Pokak:

Minuman tradisional khas Probolinggo yang terbuat dari buah poka (buah palem) yang difermentasi. Rasanya manis asam dan menyegarkan.

10. Pecel Madiun:

Hidangan pecel khas Madiun yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang gurih dan pedas. Di Probolinggo, pecel Madiun bisa dinikmati dengan berbagai macam lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, dan peyek.

Tips:
Anda dapat menemukan kuliner unik khas Probolinggo di berbagai warung makan dan restoran di Probolinggo.

Pastikan untuk mencoba beberapa kuliner unik khas Probolinggo saat Anda berkunjung ke sana.

Jangan lupa untuk menanyakan harga terlebih dahulu sebelum memesan makanan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network