Fakta Menarik Tentang Batu Hajar Aswad

Doniirawan/net_probolinggo
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Batu Hajar Aswad, si batu hitam yang menempel di sudut Ka'bah, memang penuh dengan kisah dan fakta menarik. Berikut beberapa di antaranya:

Asal Usul Misterius: Ada beberapa riwayat tentang asal usul Hajar Aswad. Sebagian menyebutkan ia diturunkan dari surga oleh Malaikat Jibril untuk Nabi Ibrahim, sebagian lagi meyakini ia adalah batu meteorit yang jatuh ke Bumi. 

Perubahan Warna: Konon, Hajar Aswad awalnya berwarna putih bersinar, lebih putih dari susu. Namun, karena dosa manusia, warnanya berubah menjadi hitam.

Tempat Dimulainya Tawaf: Hajar Aswad menjadi titik awal dan akhir tawaf, ibadah mengelilingi Ka'bah yang dilakukan oleh umat muslim saat haji dan umrah. Mencium Hajar Aswad merupakan salah satu sunnah dalam ibadah tersebut.

Beberapa Bagian yang Disatukan: Hajar Aswad pada awalnya utuh, namun karena berbagai peristiwa sepanjang sejarah, ia retak dan pecah menjadi beberapa bagian. Kini, potongan-potongan tersebut disatukan menjadi satu dan dibingkai perak untuk keamanan.

Kisah Nabi Muhammad: Hajar Aswad pernah retak besar pada masa Nabi Muhammad. Untuk menghindari perselisihan antar suku tentang siapa yang berhak menyatukan kembali batu tersebut, Nabi Muhammad meletakkan potongan-potongan Hajar Aswad ke dalam kain dan meminta perwakilan dari setiap suku untuk memegang ujung kain tersebut. Kemudian, beliau mengangkat kain bersama-sama sehingga potongan-potongan Hajar Aswad menyatu kembali.

Batu Ajaib? Hajar Aswad tidak disembah oleh umat muslim. Ia hanya dianggap sebagai benda yang dimuliakan karena kesannya sebagai peninggalan Ibrahim dan bukti kebesaran Allah.

Misteri Ilmiah: Komposisi Hajar Aswad masih menjadi misteri. Para ilmuwan belum bisa memastikan jenis batunya, meskipun beberapa penelitian menduga ia berasal dari luar angkasa.

Selain fakta-fakta di atas, masih banyak kisah dan legenda menarik seputar Hajar Aswad. Batu hitam ini memang menyimpan sejarah dan makna yang dalam bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network