Probolinggo, Kota Mangga dengan Segudang Fakta Unik

Ronihalim/net_probolinggo
Sumber foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNEWSProbolinggo.id - Probolinggo adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak di pesisir utara Pulau Jawa, dan berbatasan dengan Kabupaten Pasuruan di sebelah timur, Kabupaten Lumajang di sebelah selatan, Selat Madura di sebelah barat, dan Kabupaten Probolinggo di sebelah utara.

Kota Probolinggo memiliki beberapa fakta unik yang menarik untuk diketahui. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Probolinggo dijuluki sebagai "Kota Mangga". Julukan ini diberikan karena Probolinggo merupakan salah satu penghasil mangga terbesar di Indonesia. Di Probolinggo, terdapat berbagai varietas mangga, seperti mangga harumanis, mangga manalagi, dan mangga golek.
  • Probolinggo merupakan gerbang menuju Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi aktif yang paling terkenal di Indonesia. Letak Gunung Bromo yang berada di Kabupaten Probolinggo membuat kota ini menjadi salah satu gerbang menuju gunung tersebut.
  • Probolinggo merupakan kota pelabuhan utama di Jawa Timur. Pelabuhan Mayangan di Probolinggo merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Jawa Timur. Pelabuhan ini melayani berbagai aktivitas perdagangan dan transportasi laut, baik domestik maupun internasional.
  • Probolinggo memiliki seni topeng yang unik. Seni topeng Probolinggo memiliki ciri khas tersendiri, yaitu topengnya yang terbuat dari kayu jati dan dihiasi dengan ukiran yang detail. Seni topeng Probolinggo biasanya ditampilkan dalam berbagai acara budaya, seperti pertunjukan wayang kulit dan sendratari.
  • Probolinggo memiliki kuliner khas yang lezat. Beberapa kuliner khas Probolinggo yang terkenal antara lain, rujak kangkung, nasi krawu, dan nasi jamblang.

Berikut adalah beberapa fakta unik lainnya tentang Probolinggo:

  • Probolinggo memiliki patung kuda terbesar kedua di dunia. Patung kuda ini terletak di Pantai Tanjung Tembaga, dan memiliki tinggi 11,5 meter dan panjang 12 meter.
  • Probolinggo merupakan salah satu penghasil tembakau terbesar di Indonesia. Tembakau Probolinggo dikenal dengan kualitasnya yang baik, dan banyak digunakan untuk membuat rokok kretek.
  • Probolinggo memiliki beberapa situs bersejarah, seperti Candi Jabung, Candi Trowulan, dan Benteng Fort Vredeburg.

Probolinggo merupakan kota yang kaya akan potensi, baik dari segi alam, budaya, maupun kuliner. Kota ini memiliki banyak hal yang menarik untuk dikunjungi dan dipelajari.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network